Respon Cepat Brimob Kalbar Padamkan Api Hadapi Karhutla

Kalbar156 Dilihat

Pontianak, Banuaminang.co.id Respon cepat personel Satbrimob Polda Kalbar dalam upaya memadamkan api di lahan kosong yang berada di Kota Singkawanag, rabu (28/06/23).

 

Memasuki musim kemarau seperti sekarang ini sejumlah titik panas mulai bermunculan kembali dibeberapa kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Barat. Mengantisipasi hal tersebut, Dansatbrimob Polda Kalbar Kombes Pol. M. Guntur, S.I.K., M.H. memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan apel kesiapsiagaan Karhutla dan juga melakukan patroli di daerah yang dianggap rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dan juga hukuman bila mana mereka melakukan pembakaran lahan.

 

Belum lama para personel Satbrimob Polda Kalbar melakukan patroli, beberapa masyarakat menghampiri para personel untuk melaporkan bahwa telah terjadi Karhutla didekat perumahan mereka yang berada di Jl. Meranti, Gg. Keluarga, Kel. Roban, Kec. Singkawang Tengah, Kota Singkawang. Merespon laporan dari masyarakat para personel pun dengan cepat bergerak menuju ke lokasi untuk melakukan pemadaman api agar tidak membesar dan meluas ke pemukiman masyarakat.

 

Setelah api berhasil dipadamkan para personel kemudian menghimbau masyarakat untuk peduli kepada lingkungan sekitar tempat tinggal mereka agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya bencana Karhutla ini mulai dari faktor kesengajaan seperti oknum masyarakat yang dengan sengaja membuka lahan dengan membakarnya hingga faktor kelalaian dari masyarakat yang membuang putung rokok sembarangan.

 

Dansatbrimob Polda Kalbar menekankan kepada komandan dimasing-masing jajaran untuk selalu mengecek almatsus serta kendaraan dinas yang nantinya akan digunakan untuk mendukung kegiatan oprasioanal personel dilapangan.

 

“Saya minta kepada perwira dan para komandan disetiap jajaran untuk selalu mengecek kesiapan personel dan juga almatsus serta kendaraan dinas yang kita miliki yang nantinya akan gunakan personel untuk memadamkan api dilokasi kebakaran hutan dan lahan. Ingatkan juga kepada personel untuk selalu menjaga kesehatan mereka dan selalu menjaga keselamatan satu sama lain pada saat pelaksanaan tugas dilapangan. Laksanakan patroli rutin ke daerah-daerah yang dianggap rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta berikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk kelangsungan anak cucu kita nanti. Dan yang terakhir selalu laksanakan kegiatan latihan agar personel tidak bingung dan sudah tau harus berbuat apa pada saat dilapangan nanti” ucap Kombes Pol. M. Guntur, S.I.K., M.H..

 

Sumber: Ponco Brimob Polda Kalbar

(JN/98)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *