BPOM Jawa Tengah Bersama Anggota Komisi IX DPR RI Gelar KIE Tentang Obat dan Makanan Aman

BPOM Jawa Tengah Bersama Anggota Komisi IX DPR RI Gelar KIE Tentang Obat dan Makanan Aman

JAWA TENGAH151 Dilihat

TEGAL, BANUAMINANG.CO.ID ~~ Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Tengah bersama Anggota Komisi IX DPR RI menggelar acara Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) tentang Obat dan Makanan Aman, bertempat di Gedung KPRI Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Sabtu 22 Juli 2023.

 

“Program KIE ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya waspada dalam menggunakan obat-obatan dan makanan,” ujar Novi Eko Rini Ketua Tim Pelayanan Publik BBPOM di Semarang.

 

Dikatakan Novi, sosialisasi KIE ini bertujuan supaya masyarakat itu mengkonsumsi obat yang aman dan bermutu kemudian mengkonsumsi pangan yang aman yang tidak mengandung bahan berbahaya. “Karena kita tahu bahwa di masyarakat itu masih belum paham persis mana sih produk pangan yang mengandung bahan berbahaya itu yang seperti apa?.

 

“Jadi kami pembinaannya dari dua sisi yaitu edukasi pada masyarakat dan pembinaan kepada pelaku usahanya,” jelas Novi.

 

“Harapan kami, masyarakat ini bisa terinformasi contoh-contoh obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat,” imbuh Novi.

 

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, M.Si mengimplementasikan akan keliling desa-desa di Kecamatan Dukuhwaru yang ada UKM atau ada pusat produksi makanan atau kerupuk atau apapun. “Nanti kita lihat sama-sama bukan mau sidak, tapi mau memberikan pemahaman apabila di lapangan kita temukan penyalahgunaan bahan yang digunakan.

 

“Jadi kalau nanti saya tiba-tiba datang enggak pakai ketok pintu, enggak pakai abcd tau-tau datang ke UKM itu bukan mencari kesalahan tapi dalam rangka memberikan pembinaan dan pemahaman agar yang bersangkutan paham betul mengenai bahan-bahan baku yang tidak sehat dan tidak berbahaya. “Supaya masyarakat makin paham bahayanya menggunakan kimia-kimia yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia,” terang Dewi. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *