Ayat-Ayat Al-Quran, Kisah Islami, Ungkapan Khas, Hadis Nabi Dan Tasawuf

Disadur Dari Buku Minanga, Minangkabau dan Pagaruyung Disusun oleh DR. H. Nudirman Munir, SH, MH.

Ayat-Ayat Al-Quran, Kisah Islami, Ungkapan Khas, Hadis Nabi Dan Tasawuf

 

Disadur Dari Buku Minanga, Minangkabau dan Pagaruyung

Disusun oleh DR. H. Nudirman Munir, SH, MH.

 

Ayat-Ayat Al-Quran Naskah Tambo Minangkabau Periode Pertama Mengutip Ayat Al-Quran Sebagai Bagian Doa dan Sebagai Rujukan Aturan Adat.

 

Terdapat paling sedikit delapan kutipan bagian ayat Al-Quran atau senada dengan ayat Al-Quran dalam umumnya naskah Tambo Minangkabau periode pertama. Kedelapan kutipan tersebut menjadi bagian doa-doa, atau sebagai sandaran bagi sebuah ketentuan atau undang-undang dan aturan adat, atau peristiwa yang mengikutinya. Berikut ini kedelapan ayat tersebut dan letaknya dalam tambo:

 

Pertama, Kutipan atau senada dengan surat Fathir ayat pertama (Q,35:1), terdapat pada bagian pembukaan tambo: “Bismillahirrahmanirrahim. Ahamdulillahhirabbil alamiin, ‘ala nuris samawati wal ardhi bi barakatin nabiyilahi Adama ‘alaihis salamu ja’ilil malaikati ajnihatin masna wa sulasa waruba’a wa ista mala il ‘alami fil’arabi wal’ajami wa ista mala al masyriqa wa al maghriba..”.

 

Kedua, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat Al-Baqarah ayat 30 (Q,2:30) terdapat dalam kisah pendirian balai adat dan masjid sebagai lambang nagari: “Tatkala akan mandirikan panghulu….. ditarimo pusako dari Nabi Adam khalifatullah,…. Sabagai maluaskan akan dalil firman Allah Ta’ala, Inni ja’ilun fil ardhi khalifah, bahwa sasungguhnya raja dalam dunia akan ganti- Ku…”.

 

Ketiga, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat Al-Baqarah ayat 280 (Q,2:280) terdapat dalam tambo bagian nasihat Datuk Parpatiah yang Sabatang: “Adopun dalil sampik di nanti lapang, turun firman Allah Ta’ala dalam Qur’an, wa innaka zu usratin fa naziratun ila may saratin. Itulah dalilnyo….”.

 

Keempat, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat an-Nisa; ayat 59 (Q. 4:59) terdapat dalam bagian kewajiban mengikuti penghulu dan macam- macam penghulu: “mako dinaikkan pulolah panghulu, mako panghulu nagari maisi kapado nagari, karano damikianlah firman Allah Ta’ala, Athi ‘ulllaha wa athi’r rasuula wa ulil amri minkum. Ikutlah olehmu hai sagala manusia akan Allah, dan ikut olehmu….”.

 

Kelima, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat Ali Imran ayat 110 (Q. 3:110) yang dinyatakan sebagai hadis oleh para penulis tambo, terdapat pada bagian kewajiban mengikuti penghulu. Jejak Islam dalam Naskah-Naskah Tambo Minangkabau 19 dan macam-macam penghulu: “Mako sabanar-banar panghulu manurut hadis Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wassalam, al amru bil makrufi wan nahyu anil munkar, yakni kuat manyuruhkan urang barbuat baik dan kuat managahkan urang barbuat jahat, wajib atas sagala panghulu.”.

 

Keenam, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat Al-Ikhlas ayat 1-2 (Q.112: 1-2) dilanjutkan dengan kutipan ayat Al-Quran bagian surat as Syura ayat 11 (Q. 42: 11) terdapat pada bagian kisah Nur Muhammad: “Baramulo kabasaranNyo Tuhan kito Azza wa Jalla yang barsifat jalal dan jamal, yaitu firman Qul huwallahu ahad, Allahus shamad, laysa kamislihi syai’un wa huas sami’ul bashir, yang aratinyo, katakan olehmu ya Muhammad, Ia jua Allah Ta’ala Esa, la jua Allah Ta’ala Shamad daripada sakaliannya…..”

 

Ketujuh, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat ar-Rahman ayat 1 sampai 5 (Q, 55:1-5) terdapat pada tambo bagian tanda-tanda kebesaran Sultan Sri Maharaja Diraja: “Mako firman Allah Ta’ala dalam Qur’an, Arrahmanu, ‘allamal qur’aana, khalaqal insana, ‘allamahul bayana, asy-syamsyu wal qamaru bi husban. Mako diturunkan Allah Ta’ala raja, ialah balum turun ka dunia, lagi di awang-gumawang…”. Kedelapan, Kutipan ayat Al-Quran bagian surat adz-Dzariyat ayat 56 (Q, 51: 56) terdapat pada tambo bagian tanda-tanda kebesaran Sultan Sri Maharaja Diraja: “…balum turun ka dunia, lagi di awang-gumawang, mako firman Allah Ta’ala, khalaqtul jinna wal insa, mako dijadikan Allah Ta’ala jin dan manusia.”

 

Tema dan Kisah Islami

Terdapat banyak bagian yang memuat pesan-pesan Islam tersebut. Berikut ini empat bagian yang dapat dinyatakan mempunyai nuansa Islam, yaitu: Pertama, Rangkaian Pujian kepada Allah. Semua naskah Tambo Minangkabau periode pertama dimulai dengan basmalah, diikuti dengan rangkaian shalawat dan doa untuk para nabi. Berikut ini teks umum pembukaan tambo: Bismillahirrahmanirrahim Ahamdulillahhirabbil’alamiin, ‘ala nuris samawati wal ardhi bi barakatin nabiyilahi Adama ‘alaihis salamu ja’ilil malaikati ajnihatin masna wa sulasa waruba’a wa ista mala il ‘alami fil’arabi wal’ajami wa ista mala al masyriqa wa al maghriba wa ista almalika wa almulka wa sayyida al ‘arabi wa al’ajami fi zamani nibiy yillai Adama alayhis salam al hukmus sidqi wa mada ilal akhiril anbiyaa wa khatamin nabiyyi wa huwa Muhammadu rasulullahi sallallahu ‘alaihi was salama w ijtihadul imamil arba’ati wa ahli hil mujtadininal arifinal aqilina.”

 

Rangkaian hamdalah dan shalawat berbahasa Arab diikuti oleh rangkaian puji syukur berbahasa Melayu sebagai berikut: “Amma bakdu, adapun kamudian daripada itu, sagala puji-pujian bagi Allah Tuhan saru sakalian alam yang manarangkan tuju patala langit dan tujuh patala bumi, dangan barkat nabi Allah Ada alaihissalam. Barmula Allah Ta’ala manjadikan akan malaikat, akan babarapa sayap, dua-dua, tiga-tiga, dan ampat-ampat, dan pakaian pada sagala alam pada nagari Arab dan Ajam dan pakaian Masyrik dan Magrib, dan pakaian yang basar-basar dari sagala raja-raja, pada nabi Allah Adam alaihissalam dan hukum-hukum yang sabanarnya dan lalu ia kapada kasudahan nabi dan kasampurnaan nabi yaitu Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam dan pada imam yang barampat dan sagala orang yang barakal mareka itu dalam nagari Arab dan Ajam samuanya.”

 

Kedua, Kisah Nur Muhammad (Kisah sebelum alam raya diciptakan) Terdapat beberapa variasi kisah ini dalam Tambo Minangkabau.

Salah satu versi yang lazim terdapat dalam naskah berikut: Bismillahirrahmanirrahiim, alhamdulillahillazi hadana li hidayati wal inayati. I’lam katahuilah olehmu hai talib. Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah sagalo puji bagi Allah, salawat bagi 20 Turast: Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 5, No. 1, Januari-Juni 2017 baginda Rasulullah. Wabihi nastai’in billahi taala inilah hikayat peri manyatokan Nur Muhammad Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam. Baramulo kaji, mako tatkalo maso itu, samato-mato alam pun balun jadi, arasy sarato kursi pun balun jadi, langik jo bumi pun balun jadi, darek jo lauik pun balun jadi, tasabuik luh (mahfuz-pen) pun balun tasurek. Santano bakato nabi salallahu alaihi wasallam: “Awwalu ma khalaqallah taala an-nur.” Aratinyo partamo-tamo dijadikan Allah taala tu cahayo ku ini, mako inyopun sujudjo firman Allah yang manyuruah sujud. Mako firman Allah sujudlah angkau 50 tahun lamonyo.

 

Mako lah sudah inyo sujud mako firman Allah: Hai kakasih-Ku, Nur Muhammad. mako bangkitlah inyo Nur Muhammad itu. Mako firman Allah: Hai Nur Muhammad, telah Aku fardukan akan sagalo umat kamu partamo- tamo mangucap kalimah syahadah; kaduo sumbayang limo ukatu pado sahari samalam; katigo puaso di bulan Ramadan; kaampek mambayia zakat, kalimo naik haji ka Baitullah al-haram. Kamudian daripado itu mako cahayoku itu dijadikan Allah taala itu saikua buruang yang mulia dan indah ruponyo….

 

Ketiga, Kisah Nabi Adam a.s. Adopun katiko langik takambang, juo katiko mulai bumi tahampa, katiko nabi Adam mulai kaditampo, Allah Ta’ala lah manantukan, anak cucu Adam yang mahuni dunie, anak Adam yang bungsu manjadi rajo. Adopun anak Nabi Adam ‘alaihissalam, tigo puluah sambilan banyaknyo, nikah ba antaro satu anak ka satu anak.

Sasudah Adam ditampo, dimasuakkan ruh kudus dari Nur Muhammad, ditanamkan ka hati sanubarinyo agama yang sabana-bananyo. Dikatahui akan dionyo rukun iman, Islam, tauhid, makrifat, parhimpunan huruf Alif mulonyo.

 

Keempat, Kisah anak bungsu Nabi Adam (Nabi Syis) Anak yang bungsu indak mandapek jodoh, dilarikan malaikaik ka awang-gumawang, mako heranlah Adam jo Hawa anak-baranak. Mako batiuiklah angin dari sarugo, diguguah gandang si Rajo Nobaik, ditiuik sarunai si Randang Kacang, dibunyikan pulo rabab jo kucapi, dikambangkan pulo payuang ubua-ubua, mako manari narilah anak bidodari, takajuk maliek anak Adam yang bungsu Basamo malekaik di awang-gumawang, marabak harum-haruman didalam sarugo, turun malekaik di langik yang katujuah, mako baguncang kayu Sidratul Muntaha, tabukak pulolah pintu Baitul Makmur, sagalo malekaik manamui anak Adam yang bungsu, basamo-samo mambimbiang jo mamapahnyo, Adam sakaluarga mamandang ka awang-gumawang.

 

Nampak anak yang bungsu mamakai tanduak, batanduak dinamokan Ameh Sajati-jati, takuik Adam anak-baranak malieknyo, tadanga pulo suaro dari puncak bukik Kaf, mamandang Adam anak-baranak ka bukiktu, nampak panji-panji dikambang di ateh bukik, bantuak ombak di lauik mamutiah ruponyo, mako heranlah Adam jo Hawa anak-baranak. Mako mando’a Adam pado Allah Rabbul’alamin, mintak dipatamukan juo jo anak cucunyo, mako Allah Ta’ala manurunkannyo ka dunie, mako tajadilah ombak basabuang di lautan, manyumbua pulo lah ikan yang banamo Nun, lalu bagoyanglah bumi kasaluruhannyo, mako antah-barantahlah gamponyo alam, bakato Adam jo sagalo anaknyo yang laki-laki, sangaik takajuik kito maliek anak yang bungsu. Diturunkan malekaik anak Adam yang bungsutu, mako sampai pulo lah ka ateh bumi yang suci, antaro yang dinamokan Pasirik jo Pasiruang, antaro yang dinamokan Masrik jo Magrib, antaro bukik banamo Siguntang Mahameru, itulah yang dinamokan kini tanah Rum.

 

Kalimat, Nama, dan Ungkapan Khas

Terdapat banyak kalimat, nama dan ungkapan khas dari khasanah Islam di dalam naskah tambo. Sekurangnya ada empat kelompok kalimat, nama, dan ungkapan terpenting dari khasanah Islam, yaitu: basmalah dan hamdalah, nama Allah, syahadatain, nama Nabi Muhammad dan shalawat untuknya. Semua naskah periode pertama, dimulai dengan basmalah dan hamdalah, dilanjutkan dengan syahadatain, dan shalawat kepada Nabi Muhammad s.a.w. Sebagian naskah memuat nama, dan ungkapan khas juga doa-doa.

 

Pertama, Basmalah dan hamdalah. Kalimat basmalah dan hamdalah terdapat pada awal pembukaan tambo, dan pada beberapa awal kisah. Jejak Islam dalam Naskah-Naskah Tambo Minangkabau 21 Awal Tambo: “Bismillahirrahmanirrahim. Ahamdulillah hirabbil’alamiin, ‘ala nuris samawati wal ardhi bi barakatin nabiyilahi Adama ‘alaihis salamu..” Awalkisah Nur Muhammad: “Bismillahirrahmanir rahiim, alhamdulillahi Lazi hadana li hidayati wal inayati. I’lam katahuilah olehmu hai talib…” Bagian Tanda-Tanda Kebesaran Sri Maharaja Diraja: “Bismillahirrahmanirrahim. Ahamdulillahhirabbil’alamiin, ja ili sulthanal fadilaz zahidal amina…”

 

Kedua, Nama Allah. Dalam banyak bagian tambo, nama Allah Ta’ala disebutkan berulang kali, seperti berikut ini: “Amma bakdu, adapun kamudian daripada itu, sagala puji-pujian bagi Allah Tuhan saru sakalian alam….” “Mako Allah Ta’ala manurunkan anakanak Adam itu ka bumi antara …. “”Mako tardangarlah suara dari atas arasy Allah, damikian bunyinya,” “Mako pula dangan takdir Allah Ta’ala, lama sasudah itu…” “Mako ditumbuhkan Allah Ta’ala rubai-rubai tiga jurainya di atas gunung itu, sajurai ka Luhak Agam….. Terdapat penamaan Allah lainnya: “Allah Rabbul ‘alamin…” “Allah, Tuhan saru sakalian alam…” “Allah Subhanahu wa Ta’ala…” Terdapat penamaan Allah dengan sifat-sifat Allah (sifat 20). “Allahu Ta’ala, Qiyamuhu bi nafsihi….” “Allah Ta’ala, dengan Qudrat dan Iradat-Nya…”

 

Ketiga, Syahadatain, ucapan dua kalimah syahadat, terdapat dalam bagian tambo tentang parang dengan Walanda di Pariaman: “Mako barkato datuak yang batigo itu, Hai Walanda, maukah angkau mangata, Asyhadu alla ilaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah. Mako manyahut Walanda jendral kasatu…”

Keempat, Shalawat dan julukan Nabi Muhammad. Umumnya naskah Tambo Minangkabau menulis “Muhammadur rasulullah salallahu’alaihi wasallam.” Sesudah itu dilanjutkan dengan berbagai julukan untuk Nabi Muhammad, sebagaimana contoh berikut yang terdapat dalam bagian pembukaan tambo. “… ilal akhiril anbiyaa wa khataman nabiyyi wa huwa Muhammadur rasulullah salallahu’alaihi wasalla ma wa ijtihadul imamal arba’ati wa ahlihi mujtahidinal arifinal aqilina.”

 

Kelima, Nama Makah, Madinah, Ka’bah. Dalam bagian kisah tentang keturunan Iskandar Zulkarnain, Tambo Minangkabau menyebutkan nama Makah dan Madinah, serta Ka’bah. Penyebutan ketiga nama tersebut tidak terkait dengan urusan agama, tetapi urusan pemerintahan, atau wilayah kekuasaan dari Sultan Maharaja Alif, putra pertama Iskandar Zulkarnain. “… atas tiga bahagi, nan sabagi turun ka tanah Acas, nan sabagi turun ka Minangkabau, nan sabahagi tinggal di nagari Rum, ialah nan dipakai urang Makah dan Madinah syarta sagala pulau di tangah laut…… bandarang dalam nagari akan namanya apabila ta’aluq kapada Ka’bah cahaya tiap-tiap nagari tampat sujud.”

 

Bersambung…

 

Akan terbit:

Kisah dari Hadis Nabi Muhammad

 

Catatan Redaksi: Poin-poin yang dirasa ada penekanan tokoh atau suatu peristiwa penting sengaja diberi tulisan tebal.

 

Referensi sebelumnya:

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *