Prosesi Upacara Adat Mengawali Peletakan Batu Pertama Sentra Prasarana Kantor Gubernur Papua Barat Daya

Nasional166 Dilihat

Sorong-Papua Barat Daya, Banuaminang.co.id Mewakili kapolres sorong Kompol Emmy Fenitiruma S.Sos(Waka polres Sorong) menghadiri prosesi upacara adat dari marga malaseme/Klablim yang sudah berdatangan di Lapangan Wombik Jalan Sorong – Klamono Km 16 ,Kelurahan Klablim, Distrik Klaurung Kota Sorong ,Provinsi Papua Barat Daya.sabtu (15/07/23).

 

Selanjutnya dari marga tersebut malaseme/klablim yang telah datang untuk menghadiri Upacara Adat guna mengawali Peletakan Batu pertama Sentra Sarana Prasarana Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya,yang nantinya akan di letakan pada tanggal 17/0723, Oleh Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI),sehingga pada saat ini kami laksanakan prosesi upacara adat oleh Marga Malaseme Klablim yang dipimpin langsung oleh bapak Alfius Samolo (Orang Tua Adat Dari keluarga Besar Malaseme/ Klablim),”ucapnya”.

 

Ikut hadir juga dalam upacara adat tersebut Dr. Muhammad Musa’ad, M. Si (Pj. Gubernur PBD),Kolenel Mar Muhammad Reza Suud, SE. MM ( Wadan Lantamal XIV Sorong ),George Yarangga, S.Pi., M.M (PJ Walikota Sorong), Letkol Cpn Andi Sigit Pamungkas, S.E.M.IP ( Dandim 1802/Sorong ), AKBP Mathias Yosia Krey S.Pd (Wakapolresta ), Ir. Edison Siagian, ME (PJ Sekda Provinsi Papua Barat Daya), Septinus Lobat, S.H., M.PA. (Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Papua Barat Daya ), Pdt. Isak Kwaktolo, M.Th. (Ketua FKUB Kota Sorong), Lodwig Malaseme, S.H (Kabag Hukum Pemerintah Kota Sorong dan juga sebagai Pemilik Tanah adat Marga Malaseme/ Klablim ).

 

Mengawali upacara adat tersebut setelah Dr. Muhammad Musa’ad, M. Si (Pj. Gubernur PBD) tiba di Lapangan Wombik di lokasi Pembangunan Peletakan Batu pertama Sentra Sarana Prasarana Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya yang nantinya akan di laksanakan peletakan batu pertama oleh Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI)

dan di sambut dengan Tari – tarian Adat Suku Moi.selanjutnya pemberian Cindramata mahkota dan pengalungan noken kepada PJ. Gubernur Papua Barat Daya.

 

Prosesi Upacara Adat Suku Klablim yang dipimpin Alfius Samolo (Orang Tua Adat Dari keluarga Besar Malaseme Klablim ) serta di lanjutkan Doa yang dipimpin oleh Pdt. Isak Kwaktolo, M.Th. ( Ketua FKUB Kota Sorong ).

 

Dilanjutkan dengan Sambutan dari Dr. Muhammad Musa’ad, M. Si (Pj. Gubernur Papua barat daya) mengatakan bahwa, Sebagai gubernur jujur saya sangat terharu saat menyaksikan upacara adat yang barusan kita saksikan bersama – sama karena hal ini sangat Sakral,sehingga dalam beberapa penjelasan yang sudah di sampaikan oleh Pdt. Isak Kwaktolo, M.Th. sebagai (Ketua FKUB Kota Sorong) terkait dengan makna dari Upacara adat yang dilaksanakan sehingga Hal tersebut merupakan bukti nyata pada ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan leluhur sebagai pemilik alam semesta

 

“Hal ini merupakan hal yang baik untuk memgawali Proses pembangunan Sentra Sarana Prasarana Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya”.

 

Selanjutnya pada proses penentuan lokasi Kantor Gubernur Papua barat daya cukup memakan waktu yang panjang dan akhirnya kita dapat menentukan lokasi pebangunan Kantor Gubernur PBD dan atas nama pemerintah kami mengucapkan terimaksih kepada Keluarga Malaseme yang telah memberikan tanah kepada pemerintah Papua barat daya dengan Ikhlas,

Sehingga hal ini merupakan sejarah bagi Provinsi Papua Barat Daya dan akan terkenang sepanjang masa.

 

Kami juga mengucapkan terimaksih banyak kepada Marga Malaseme Klablim untuk dapat mendukung dalam proses pembangunan kantor pemerintahan serta juga dapat mendukung untuk Memgisi agenda agenda pemerintah untuk dapat Mensejahterakan masyarakat yang ada di Papua Barat Daya,”imbuhnya”.

 

Harapan kami setelah Prosesi adat mengawali Peletakan Batu pertama Sentra Sarana Prasarana Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya Oleh Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin ( Wakil Presiden RI), yang dilaksanakan oleh Marga Malaseme Klablim juga menjadi awal kelancarannya semua Proses yang akan dilaksanakan terutama pada saat Prosesi peletakan Batu pertama nanti oleh Wakil Presiden RI,” harapannya”.

 

(Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *