Pembentukan Tim Persiapan Pemantapan Paga Banua

Agam, Sumatera barat1659 Dilihat

Banuhampu, banuaminang co.id Paga Banua bertempat di SMP / SMA / SMK swasta Banuhampu di Padang lua Kabupaten Agam. pemuda/i Banuhampu 7 nagari yang tergabung dalam Gerakan Pemuda/i Pelajar Banuhampu ( GPB ) serta Paga Banua melakukan silaturahmi pada Hari Minggu 23 Juli 2023 di Padang lua .

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri perwakilan dari nagari nagari yang ada di Banuhampu kabupaten Agam .

Disampaikan oleh Inisiator kegiatan Yusiano Putra, hal ini kita laksanakan didasari, menyikapi situasi Banuhampu saat ini yang sudah sangat maju. Tanpa kita sadari membuat situasi kondisi masyarakat Banuhampu 7 nagari penuh dengan permasalahan permasalahan yang timbul dalam masyarakat Banuhampu. Baik itu masalah Sosial, budaya, Ekonomi dan Budaya serta Adat Salingka Nagari Banuhampu yang semakin tergerus dengan dampak perkembangan kemajuan nagari nagari yang ada tegas Yusiano putra .

Hal ini juga perlu diperhatian bersama oleh seluruh Tokoh Masyarakat khususnya pemuda/i banuhampu yang selama ini dikenal peduli terhadap keadaan lingkungan .

Dengan telah selesainya Pilwana Pemilihan Wali Nagari di 5 nagari di Banuhampu, yaitu Padang lua, Ladang Laweh, taluak IV suku, Sungai tanang ,dan Kubang Putiah dengan aman dan damai. Maka Yusiano Putra menegaskan ini adalah prestasi yang luar biasa dari masyarakat Banuhampu 7 nagari yang selama menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan Gotong royong.

Terbukti di manapun orang Banuhampu sejak dulu mempunyai wadah organisasi perantau yaitu Ikatan Keluarga Banuhampu atau IKB yang tersebar di seluruh Indonesia yang banyak memberikan kontribusi terhadap Kampung halaman di nagari-nagari yang ada di Banuhampu .
Moment pilwana ini diharapkan menjadi pemersatu pemuda/i yang Khususnya Paga Banua, yang Artinya Parik Paga Banuhampu.

Dalam menyikapi pemilu tahun 2024 pemuda banuhampu yang tergabung dalam Paga Banua dalam pertemuan membahas tentang situasi saat ini dalam menghadapi pemilu pileg tahun depan. Yusiano menjelaskan perlu pemuda dan masyarakat Banuhampu menyadari dampak dan gesekan yang akan muncul di tengah masyarakat sebagai dampak dukungan dukungan terhadap calon legislatif yang dari Banuhampu dan luar Banuhampu untuk mencari dukungan masyarakat tentunya ini perlu di antisipasi dan kesadaran bersama pemuda dan masyarakat Banuhampu untuk bersama memperjuangkan putra Putri daerah Banuhampu 7 Nagari .

Untuk di perjuangkan bersama meraup suara dalam pemungutan suara manti. Dalam pertemuan tersebut dibahas peluang peluang Putra putra Banuhampu yang akan maju dan di usahakan mendapat suara dan berhasil meraih kursi melalui parpol yang sda. Mengingat dapil V ini mencakup kecamatan Banuhampu, Sungai Pua, IV koto, Malalak.

Dengan jumlah suara pemilih sekitar 28 ,000. Masyarakat Banuhampu perlu menghitung peluang anak nagari Banuhampu bisa menjabat di DPRD Agam dan di DPRD propinsi Sumbar
Dan dalam pertemuan diputuskan di aktifkan kegiatan Paga Banua dengan menyusun personil yang baru. Maka dibentuk TIM Persiapan dan pemantapan Paga Banua dengan kordinator tim oleh Dimas Zainuddin, Iqbal SH dan Nicko Kurniawan beserta perwakilan dari Niniak Mamak, Bundo kanduang, Alim Ulama, Cadiak Pandai. Serta pemuda Banuhampu sebanyak 15 orang.

Kesepakatan tim ini bergerak menjajaki kepada pengurus paga Banua sebelum nya dan kepada Wali Nagari se Banuhampu dan tokoh tokoh pemuda yang masih ada, semoga tim ini dapat bergerak cepat dalam meagendakan kegiatan selanjutnya sesuai Harapan bersama. Yang nanti nya organisasi Pemuda Banuhampu baik GPB serta Paga Banua dapat kembali eksis dalam berbuat untuk Banuhampu 7 Nagari.

Editor:Tim BM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *