Pelaksanaan DOSPULKAM
Di Kecamatan Agam Sumatera Barat

Agam, Sumatera barat376 Dilihat

AGAM – Banuaminang.co.id -Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB University kali ini bertajuk dosen pulang kampung (dospulkam). Topik dospulkam kali ini bertema “garden tower pilihan teknik budidaya tanaman perkarangan”. Dospulkan dilaksanakan di lokasi mitra yaitu di kecamatan kecamatan sungai pua dan Banu hampu kabupaten agam Sumatera barat, pada tanggal 26 Juni sd 1 Juli 2022. Dospulkam kali ini diikuti oleh 29 orang peserta, berasal dari kelompok wanita tani dan kelompok tani di kedua kecamatan tersebut. Tim pelaksana dospulkam dari sekolah vokasi IPB  terdiri dari dua orang dosen ( Dr. Lili Dahliani dan Dr. Aidil Azhar), seorang asisten dosen ( Mertya Anugrah), seorang teknisi budidaya tanaman pekarangan (Dedi Junaedi) dan empat orang mahasiswa dari himpunan mahasiswa vokasi pertanian (Himavoperta). 
Kegiatan DOSPULKAM kali ini atas fasilitas dan  dukungan dari Bapak Zulhendrif Bandaro Labiah, SH, SpN, anggota DPRD kabupaten agam ini,  dibuka secara resmi oleh wali nagari Kubang Putiah, Bapak Magdavera.  Pelaksanaannya meliputi fact finding di lapangan, pretest-postest, penyampaian teori dan praktik serta pendampingan pasca pelaksanaan. Fact finding dilaksanakan untuk mengetahui minat peserta terhadap budidaya tanaman pertanian, pretest dan post test dilakukan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan dospulkam untuk pemahaman dan keterampilan dari peserta.  Pendampingan dilakukan  selain untuk memonitor pemeliharaan yang dilakukan peserta pasca bimbingan teknis juga untuk  memberikan solusi jika peserta mengalami masalah terkait dengan pemeliharaan tanaman yang dibudidayakan dengan sistem garden tower.
Berdasarkan sambutan Bapak Wali nagari Kubang Putiah bahwa pelaksanaan bimbingan teknis “garden tower pilihan teknik budidaya tanaman perkarangan”  yang diikuti oleh ini seperti gayung bersambut.  Hal ini ditunjukkan dengan antusias peserta dalam pelaksanaan praktik serta dukungan dari kepala jorong koto baru dan jajarannya.  Sesuai dengan alat dan bahan yang disiapkan, para peserta melakukan penanaman dan membawa hasil karya penanamannya ke rumah masing-masing untuk dipelihara.  Berikut beberapa foto yang diambil saat pelaksanaan dospulkam.
 

Keterangan Gambar:
1. spanduk DOSPULKAM di depan pintu masuk Balai pertemuan Jorong Koto Baru
2. Penjelasan teori tentang Garden tower (GT), WITOGA, dan VGT
      3 & 4. Penjelasan dan Praktik budidaya tanaman pekarangan sisten garden Tower
      5 & 6. Peserta memanfaatkan botol bekas air mineral untuk wadah tanam budidaya sistem GT(*)

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *