Kepengurusan Inti Paga Banua Terbentuk untuk 5 tahun kedepan

Tak Berkategori1516 Dilihat

Banuhampu Banuaminang.co.id        Kamis tanggal Agustus 2023 Rapat Tim Formatur Paga Banua ke 3 diadakan di Aula Kantor Nagari Pakan Sinayan Banuhampu.

Rapat ketiga Tim Formatur ini untuk mengisi bagan struktur yang sudah disepakati pada hasil rapat sebelumnya di Aula Kantor Nagari Cingkariang. Di rapat ini terjadi perdebatan hangat dikarenakan salah satu peserta rapat Tokoh masyarakat Ferdinal St.Menan mengajukan dua opsi sistim pemilihan. Pemilihan secara voting atau secara Aklamasi. Dan mengusulkan ketua Tim Formatur Ardinal Bandaro Putiah untuk menjadi ketua Umum Paga Banua.

Ardinal adalah ketua DPD Partai Gelora Agam dan saat ini  ikut maju menjadi Calon Anggota Legislatif di kabupaten Agam tahun 2024. Beliau menolak, karena dengan penuh pertimbangan dan  agar struktur Kepengurusan Paga Banua ini murni untuk 7 nagari yang ada di Banuhampu dan tidak menjadi alat politik praktis  untuk mendukung salah satu calon. Dan ini tentu akan berdampak pada tujuan awal Paga Banua berdiri untuk menyatukan potensi pemuda yang ada di Banuhampu dalam berkegiatan berorganisasi.

HS DT. Kayo Nan Kuning  menyarankan karena ini tahun politik jangan sampai pandangan masyarakat tentang kegiatan Paga Banua seolah olah sarat dengan kepentingan politik yang  mendukung salah satu partai dan caleg yang akan bertarung dalam pemilu tahun 2024 nanti . Sehingga rasa kebersamaan ba Banuhampu akan pudar tegas Wali Nagari Pakan sinayan .

Gusmal Dt. Bajanguik Ameh yang akrab disapa Mak Dang, senada menegaskan paga Banua adalah organisasi yang besar. Perlu diisi oleh pemuda yang punya pemikiran yang luas dan mengikuti perkembangan zaman. Jadi dalam mencari sosok ketua umum perlu di cari sodok figur yang menurut “Alua Patuik, dan  Mungkin yang mengedepan kan raso pareso berbanuhampu”. Ini tidak sama dengan organisasi  yang lain ujar mantan ketua Paga Banua pertama tahun 2002 yang lalu. Karena sudah lebih  21 tahun berdiri Paga Banua  tetap mengedepankan kebersamaan mencari keputusan secara mufakat, Tentu ini perlu kita pertimbangkan dengan matang agar semangat Paga Banua bukan untuk sesaat dan butuh kesinambungan dalam berbuat untuk anggota dan masyarakat Banuhampu pada umumnya ungkap Mak Dang.

Senada dengan peserta rapat tim formatur, terbentuk struktur Paga Banua sebagai berikut.

Pelindung dan Penasehat:

Camat, Kapolsek, Danramil, Walinagari Sebanuhampu, Bamus Sebanuhampu, KAN sebanuhampu

 

Pembina :

Gusmal Dt.Bajangguik Ameh, H.Masdar, Rosmiati, H. Hargianto Dt.Bagindo Malako Nan Hitam, Ferdinal, Rafdinal, Ustad Zakirudin, Drs,H Muslim Mulyani, Ismail Novel, Rinda Dewi, Ir.Yusuf, M.Rusman, Darsil St.Rangkayo Bungsu, Magdavera, Ustad Deswandi, Marlin Elfna, H. Yurnalis,  H.Yasmar Angku Bandaharo Panjang, Asnaldi Dt. Sati, H.Azwar DT. Marajo, Zulfahmi, Aris Guspardi. Menunggu surat kesedian para pembina.

 

Badan Eksekutif :

Ketua Umum : Yusiano Putra

Ketua I   bidang Keamanan, Pemuda & Sosial : Mawardi

Ketua II bidang Pendidikan Pengkaderan & Kebudayaan : Ardinal

Ketua III bidang Humas & Litbang : Dempy Kurniawan

Ketua IV bidang Pemberdayaan Ekonomi & UMKM : M. Ade Syahrial

Ketua V  bidang Advokasi & Hukum : Iqbal SH

Sekretaris Umum Dimas Zainudin

Sekretaris I Niko Kurniawan

Sekretaris II Harmaina

Sekretaris III Doni Kurniawan

Sekretaris IV Dahnil

Sekretaris V Eritawati

Bendahara: Faiz SE

Pertemuan rapat selanjutnya akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 2 September 2024 dengan para pembina, serta mencari keterwakilan dibawah bidang struktur yang akan diisi oleh perwakilan 7 nagari. Usulan para peserta rapat, acara akan diadakan di aula kantor Nagari Padang luar.

Ralat berita:

Untuk Bendara menunggu keputusan dari nagari pakan sinayan ditunjuk SDR. Faiz SE. Serta Penulisan gelar kebesaran pembina.

( DK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Selamat & sukses terus Paga Banua semoga kemajuan dari segala bidang di Bumi Banuhampu ini tercapai sehingga kita semua masyarakat Banuhampu merasa nyaman dalam beraktifitas ” Jangan sampai kita jadi penonton di NAGARI KITO “.