Dato’ Seri Utama Dr Rais Yatim, Salah Seorang Mantan Menteri Malaysia Adalah Putra Palupuh 

Agam, Sumatera barat482 Dilihat

Agam, Banuaminang.co.id ~~ MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam yang ke-40 baru saja digelar di kecamatan Palupuh. Yang mana juara umum jatuh kepada kecamatan Baso.

 

Kegiatan ini tidak lepas dari sumbangan dan bantuan dana dari warga dan perantau Palupuh.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Banuaminang.co.id dilapangan. Ada satu nama yang mencuat yaitunya Dato’ Seri Utama Dr Rais Yatim. Dimana Dr Rais Yatim adalah mantan Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia. Ia telah menjabat menteri sejak tahun 1978 dan juga anggota DPR dari United Malays National Organisation (UMNO), partai terkemuka di koalisi Barisan Nasional yang berkuasa.

 

Syafril S.E., Dt. Rajo Api selaku ketua LKAAM Kecamatan Palupuh memaparkan kepada Banuaminang.co.id melalui telepon selular siang ini (Sabtu,11/6/22) “Dato’ Seri Utama Dr Rais Yatim memang benar anak Palupuh yang lahir di Malaysia. Ibunya bernama Siandam (suku koto) dari Jorong Sipisang, sedangkan ayahnya Mohammad Yatim (suku Sikumbang) dari Jorong Lariang,” terang Dt. Rajo Api yang juga anggota DPRD Kabupaten Agam.

 

Jabatan Rais Yatim saat ini adalah sebagai KETUA SENAT (Ketua DPD) kerajaan Malaysia. Dimana sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Mentri Luar Negeri, Mentri Penerangan, Mentri Kebudayaan dll, dan juga mantan Mentri Besar (Gubernur) Negeri Sembilan. Imbuh Dt. Rajo Api yang juga ketua KAN Nan Tujuah.

 

Hal senada juga disebutkan oleh niniak mamak Lariang yaitunya M.R. Dt. Garang dan M.M Dt. Basa. Tokoh masyarakat Sipisang yaitunya Yosep Hendri dan Juga Yolanda Ikram selaku jorong Sipisang.

 

“Karena ayah dan ibu dari Rais Yatim adalah asli orang Palupuh, tidaklah salah bila beliau disebut sebagai putra Palupuh, walaupun lahir dan dibesarkan di negara Malaysia,” ujar para tokoh ini.

 

Dalam pelaksanaan MTQ ke-XL yang baru usai digelar kemarin, Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia ini juga ikut menyumbangkan dana, hampir seperempat dana yang terkumpul oleh panitia disumbangkan oleh Rais Yatim.

 

Neni, S.Si selaku Bendahara MTQ ke-XL saat dikonfirmasi melalui telepon selular (11/6/22) menyatakan, memang benar Rais Yatim penyumbang dana paling besar yaitu sebesar Rp. 25 juta, ujarnya. Sedangkan dana sumbangan yang terkumpul untuk acara ini adalah sebesar Rp. 113 juta lebih, terangnya.

 

(iing chaiang)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *