PERAN SERTA PELAYANAN PUSKESMAS DAN MAHASISWA KKN DALAM MENYUKSESKAN PIN POLIO DI NAGARI MAGEK

Agam418 Dilihat

Andrizal:
Mahasiswa administrasi Publik universitas mohamadnatsir Bukittinggi

 

Agam, Banuaminang.co.id — Dalam mensukseskan PIN ( Pekan Imunisasi Nasional) Polio, Nagari Magek mengadakan Imunisasi serentak di 16 Jorong. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Kamang magek pada hari Selasa 23 Juli 2024 di kantor Wali Jorong Kubang, Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Camat Kamang Magek Fikri Aulia Isman mengatakan kegiatan tersebut serentak diadakan di seluruh Indonesia dalam dua kali putaran. Putaran pertama dari tanggal 23 juli 2024 sampai 29 juli 2024 dan putaran kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 Agustus 2024 sampai 12 Agustus 2024. Ia juga menghimbau agar Masyarakat yang memiliki anak pada usia balita untuk mengikuti pekan imunisasi Nasional Polio serentak tersebut.

“ kegiatan ini serentak dilakukan diseluruh Indonesia termasuk di Nagari Magek yang dilakukan hari ini, yang bertujuan untuk mencegah penyakit polio pada anak, jadi baik masyarakat asli maupun pendatang yang berada di nagari magek berhak menerima Imunisasi Polio” Ungkap Camat Kamang Magek.

Kepala Puskesmas Kamang Magek drg. Noviyendri juga mengatakan vaksin yang diberikan dipastikan aman untuk dikonsumsi dan sudah terverifikasi Halal.

“Pemberian vaksin sudah dipastikan aman dan halal, selain itu bagi masyarakat yang tidak bisa mengikuti pemberian vaksin di posiandu, maka tenaga kesehatan dan kader posiandu per jorong akan mendatangi rumah,” unkapnya

Selain Pemberian Imunisasi Polio masyarakat Magek juga diberikan edukasi terkait pentingnya gizi yang baik bagi Ibu hamil ataupun balita atau Anak-anak guna mencegah atau menurunkan angka stunting oleh mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Magek. Sosialisasi tersebut dilakukan di beberapa jorong Nagari magek.

Mahasiswa Fakultas Kedolteran Universitas Andalas Muhammad Altofwidoh Turizal selaku ketua KKN Reguler 2024 Nagari Magek mengatakan imunisasi polio merupakan salah satu imunisasi yang wajib diberikan kepada anak usia balita

“apresiasi terhadap dinas kesehatan Kabupaten Agam, Puskesmas Kamang Magek, Nakes setempat dan Kader Posiandu setiap Jorong, karena telah sukses melaksanakan PIN Polio serentak yang ditandai dengan tercapainya target pemberian vaksin terhadap balita di nagari Magek” Ungkap Wido

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Camat Kamang Mangek, Kepala Puskesmas Magek, Wali Nagari Magek.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *