10 Bacalon Wali Nagari Nan Tujuah dan 4 Bacalon Wali Nagari Nan Limo Diusulkan Masyarakat

Agam1234 Dilihat

Palupuh, Banuaminang.co.id ~~ Nagari Nan Tujuah (sebelum terjadi pemekaran nagari/red) dahulunya terdiri dari 13 jorong, yaitunya Paninggiran Bawah, Paninggiran Ateh, Sarik Laweh, Kuran-kuran, Tunggua Banio Bateh Rimbang, Sungai Baluka, Bateh Sariak, (sekarang masuk administratif Nagari Nan Limo) Sipisang, Haraban, Air Kijang, Simauang Mudiak, Simauang Hilia dan jorong Lariang (sekarang masuk administratif Nagari Nan Tujuah).

 

Pada hari Khamis (22/12/22) Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM, meresmikan nagari Nan Limo, sekaligus melantik Siwa Usman sebagai penjabat Nagari Nan Limo.

 

Setelah terbentuknya panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilihan wali nagari untuk kedua nagari ini, maka panitia telah melaksanakan musyawarah masyarakat jorong dimasing-masing jorong. Hal ini berdasarkan dengan Perda nomor 12 Tahun 2016 tentang perubahan atas perda kabupaten Agam nomor 3 Tahun 2016 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian wali nagari.

 

Untuk bakal calon wali nagari nan Tujuah terdapat 10 bakal calon, yaitunya :

 

Dari jorong Sipisang :

1. Rio Afriadi, S.Si. M.Pd

2. Drs. Tarmizi Hakim

3. Joharman

4. Yandrizal St. Mudo

 

Jorong Haraban :

1. Joharman

 

Jorong Air Kijang :

1. Satria Handayani St. Marajo

2. M. Awaluddin

3. Drs. Zulkhaidi

4. Joharman

 

Jorong Simaung Hilia : –

 

Jorong Lariang :

1. Muhammad Ridwan Dt. Garang

2. Afrizal Dt. Batuah

3. Ramlan S. Sos Dt. Palindih

 

Jorong Simaung Mudiak :

1. Ramlan, S. Sos Dt. Palindih

 

Dimana Joharman dicalonkan di 3 jorong yaitunya Jorong sipisang, Haraban dan Jorong Air kijang. Sedangkan Ramlan S. Sos Dt. Palindih diusulkan oleh dua jorong, yaitunya Jorong Lariang dan Simauang Mudiak.

Sementara satu jorong tidak ada mengusulkan nama kandidat Bacalon wali nagari Nan Tujuah, yaitunya dari jorong Simauang Hilia.

 

Sedangkan untuk bakal calon Wali Nagari Nan Limo periode 2023 – 2029 yang dicalonkan masyarakat Jorong, adalah 4 bakal calon yaitunya :

 

Jorong Paninggiran Ateh :

1. Zulkarnaini

2. Endy Fahrin Dt. Muncak

3. Walidul Irsyat, Amd. Kom

 

Jorong Paninggiran Bawah :

– Tidak ada calon

 

Jorong Kuran-Kuran

– Tidak ada calon

 

Jorong Sarik Laweh :

– Tidak ada calon

 

Jorong Tunggua Banio Bateh Rimbang :

1. Tri Sakti Tk. Muhammad

 

Jorong Sungai Baluka :

1. Tri Sakti Tk. Muhammad

 

Jorong Bateh Sariak :

1. Tri Sakti Tk. Muhammad

 

Dimana Tri Sakti Tk. Muhammad dicalonkan dari 3 jorong, yaitunya Tunggua Banio Bateh Rimbang, Sungai Baluka dan jorong Bateh Sariak.

 

Sementara 3 jorong lagi tidak ada mencalonkan bakal calon wali nagari Nan Limo, yaitunya jorong Paninggiran Bawah, Kuran-kuran dan jorong Sarik Laweh.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Banuaminang.co.id musyawarah penjaringan Bacalon wali nagari Nan Limo terakhir diadakan hari ini Jum’at (24/3/23) di jorong Paninggiran Bawah, Paninggiran Ateh dan jorong Kuran-Kuran.

 

14 kandidat ini, tentunya akan diteliti kelengkapan administrasi dan persyaratan oleh panita pemilihan. Apabila bacalon atau kandidat tidak lengkap dokumen dan persyaratannya, tentu tidak bisa mengikuti proses selanjutnya.

 

Jika lebih dari lima kandidat yang memenuhi persyaratan dan memiliki dokumen yang lengkap, maka akan dilaksanakan seleksi oleh Panitia Pemilihan Wali Nagari.

 

(iing chaiang)

Keterangan : gambar ilustrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *