Spektakuler, Event Madura Culture Festival 2023 Pukau Ribuan Pengunjung

Spektakuler, Event Madura Culture Festival 2023 Pukau Ribuan Pengunjung

JAWA TIMUR212 Dilihat

Sumenep, Banuaminang.co.id ~~ Bertajuk Madura Culture Festival 2023, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menampilkan beragam seni budaya di Stadion A. Yani Pangligur Kecamatan Kota Sumenep, Sabtu (26/08/2023) malam.

 

Acara spektakuler tersebut merupakan salah satu kegiatan kalender Pemerintah Kabupaten Sumenep dan berhasil memukau ribuan warga yang datang dari berbagai daerah.

 

“Jika semua Kabupaten di Madura punya agenda seperti ini tentu berefek terhadap keberlangsungan seni dan Budaya yang ada,” ujar Alfan, salah satu penonton asal Pasean, Kabupaten Pamekasan.

 

Sebab, lanjut Alfan, generasi muda saat ini butuh suntikan motivasi agar kekayaan seni dan budaya tetap dijaga dan dilestarikan.

 

“Baru pertama kali saya menyaksikan acara se-gebyar ini. Semoga bisa mencambuk semangat generasi muda agar memiliki tanggung jawab memelihara seni dan kekayaan budaya Madura,” lanjutnya.

 

Pantauan wartawan, Madura Culture Festival 2023 tidak hanya diikuti Kabupaten di Madura namun juga Kabupaten lain di Jawa Timur.

 

Dalam acara itu, Sumenep menampilkan Musik Tong-tong Baladewa dari Kalianget beserta Penari Sanggar Tari Baladewa, Musik Tong-tong Angin Ribut Pasongsongan beserta Penari Sanggar Tari Potre Koning, Musik Tong-tong Pangeran Wiraraja Saronggi beserta Penari Sanggar Tari Gayatri dan Musik Tong-tong Putra Saghere Kecamatan Pragaan beserta Penari Sanggar Tari Uniba.

 

Tidak hanya itu, Sumenep juga sukses memukau ribuan khalayak dengan Tari Gebyar Sumekar, Pamekasan menunjukkan Tari Sang Cebbing, dan Sampang dengan Tari Nyello’ Aeng.

 

Sementara, Kabupaten Bangkalan juga menunjukkan Tari Praban Prekas, Banyuwangi mempertontonkan Tari Gandrong Jaran Goyang, Bondowoso Tari Kaldera Ijen Purba, Lumajang Tari Godril Kreasi, Pasuruan (Tari Sekar Gadung), Situbondo (Tari Mantan Tebu) dan Kabupaten Probolinggo menghipnotis khalayak dengan Tari Glipang.

 

Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, acara Madura Culture Festival 2023 ini tentu dapat menjadi magnet atau daya tarik masyarakat Sumenep dan Madura

 

“Acara Madura Culture Festival 2023 ini adalah ajang menampilkan kekayaan seni dan Budaya Kabupaten Sumenep sekaligus untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” ujar Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, S.H., M.H

 

Selain itu, diharapkan bisa membangun jejaring dan meningkatkan kebersamaan melalui pengembangan kerja sama daerah dalam rangka mengembangkan pembangunan di segala sektor.

 

“Yang jelas semuanya demi kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

 

 

Pagelaran Madura Culture Festival 2023 menjadi bukti komitmen Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Hal itu dibuktikan dengan antusiasnya para pelaku industri kreatif  memasarkan produk andalannya di Bazar UMKM di lokasi acara Madura Culture Festival 2023.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *