Sejarah Singkat Syafril SE Dt. Rajo Api yang akan Maju Lagi di Pileg 2024

Agam, Sumatera barat1591 Dilihat

Palupuh, Banuaminang.co.id Syafril, S.E Dt. Rajo Api yang saat ini adalah salah seorang anggota DPRD Kabupaten Agam dari fraksi Partai Demokrat. Sekretaris komisi 2 dan juga wakil ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Agam.

 

 

Dimana Dt. Rajo Api ini adalah lahir di Padang pada tanggal 05 Juli 1965 dengan nama kecil Syafril dari pasangan (Alm) Dahlan dan (Almh) Rohani dimana kedua orang tua nya adalah Veteran Pejuang Kemerdekaan RI dimana kedua orang tuanya adalah putra asli dari nagari Nan Tujuah yaitunya warga Simaung Mudiak.

 

Pada tanggal 28 Oktober 1994 Syafril diamanahkan memangku pucuk adat di suku koto dengan gelar Dt. Rajo Api. Dimana kaum koto ini babalahan (masih satu ikatan/red) dengan kaum koto Dt. Rajo Api di Kalumpang Jorong Muaro Nagari Koto Rantang dan berasal dari kaum dan Datuk yang sama dari Kamang.

Dianugerahi penghargaan oleh Seven Media Asia Award

 

Seabrek prestasi telah ditorehkan dan diraih oleh ketua LKAAM Kecamatan Palupuh ini. Baik ditingkat nagari/desa, kecamatan, kabupaten dan bahkan Nasional.

 

Ketua KAN Nagari Nan Tujuah, ketua pemekaran nagari Nan Limo, ketua LKAAM Kecamatan Palupuh dan juga dinobatkan sebagai salah seorang legislator terbaik yang dianugerahi penghargaan oleh Seven Media Asia Award di tahun 2021 dan ditahun berikutnya (2022/red) kembali memperoleh penghargaan dari Seven Media Asia yang digelar di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah.

 

Kategori yang diraih oleh Syafril Dt. Rajo Api ini adalah kategori Pemimpin Inspiratif Perubahan 2022. Dimana pada kategori ini ada sebanyak 10 tokoh yang diberikan penghargaan oleh Seven Media Asia. Delapan orang diantaranya adalah kepala daerah yaitu Bupati Biak Numfor, Bupati Pasuruan, Bupati Kendal, Walikota Jambi, Walikota Batam, Walikota Semarang, Walikota Sukabumi dan walikota Palopo serta presiden direktur PT. Royalindo Expoduta.

Dt. Rajo Api dengan istrinya Notaris PPAT Wira Nelyanti, SH M.Kn

 

Suami dari Notaris PPAT Wira Nelyanti, SH M.Kn yang beralamat dan berkantor di Padang Panjang ini menyatakan kepada konstuennya yaitu Dapil 3 Agam yang meliputi Kecamatan Palupuh, Tilatang Kamang dan Kecamatan Kamang Magek, bahwa dia akan kembali ikut dalam Pileg 2024 nanti.

 

“Saya masih di Dapil yang sama untuk calon DPRD Kabupaten Agam dan tetap di Partai yang sama yaitu Partai Demokrat,” ungkap Dt. Rajo Api ini kepada redaksi Banua Minang Group. (Senin, 24/07/23).

 

“Selaku wakil rakyat dari Dapil 3 Agam, insyaallah saya selalu menyampaikan aspirasi konstituen saya, karena saya sadar bahwa saya sebagai legislator yang diamanahi oleh mereka adalah sebagai penyambung lidah masyarakat,” lanjut ayah dari 4 anak ini.

 

“Saya sadar, bahwa manusia tidak luput dari salah dan khilaf. Seandainya saya ada terlupa, saya harap kepada masyarakat untuk menegur dan mengingatkan. Karena dengan adanya saran ataupun kritikan yang sifatnya membangun ini, bisa menjadi dorongan untuk kita membenahi dan membangun 3 kecamatan ini,” harap Nyiak Api lulusan S1 Ekonomi ini.

 

(iing chaiang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *