Program Kedepannya Paga Banua oleh Pengurus yang Baru

Agam, Sumatera barat1287 Dilihat

 

Agam, Banuaminang.co.id — Tim formatur Paga Banua mengadakan rapat yang terakhir. Dimana acara ini diadakan di Aula Rumah Makan Simpang Raya Jambu Air pada hari Minggu 17/10/2023.

Rapat ini dihadiri oleh tim formatur, pembina dan pengurus terpilih tahun 2023 – 2028 ;

Ketua pembina Gusmal Dt. Bajanguik Ameh.

Wakil ketua pembina 1: Drs Zakirudin St Sinaro

Wakil Ketua pembina 2: H.Masdar


Sekretaris Erdinal St. Menan.
Wakil sekretaris Risman St. Sinaro

Ketua Paga Banua terpilih Yusiano St. Sati menyampaikan tentang rencana bidang-bidang yang ada di kepengurusan Paga Banua.

“Bidang pendidikan akan segera kita telusuri legalitas yayasan pendidikan Banuhampu Agam, yang saat ini mengelola SMP SMA swasta Banuhampu agar kita tingkatkan menjadi Perguruan Tinggi atau, Universitas Banuhampu,” ungkap Yusiano

Selanjutnya Yusiano menerangkan bahwa kita mempunyai banyak tenaga pengajar, baik di PTN dan PTS di Sumatera Barat. Hal ini tentunya akan terlaksana dengan melibatkan tokoh-tokoh Banuhampu dari berbagai bidang keilmuan, terangnya.

Di bidang keamanan dan ketertiban karena banyak warga yang tinggal di Banuhampu sebagai daerah tujuan ekonomi wilayah Agam timur dan berbatasan langsung dengan kota Bukittinggi, ini sangat berdampak pada pengaruh yang negatif pada masyarakat, khususnya generasi muda baik maraknya peredaran narkoba, dan indikasi LGBT serta tindak pidana dan penyakit masyarakat lainnya, lanjut Yusiano.

Untuk menjadikan Paga Banua ini sebagai wadah komunikasi bagi masyarakat baik yang ada didalam kampung ataupun bagi perantauan, Paga Banua akan membuat website tersendiri.

Sedangkan dibidang advokasi dan hukum Paga Banua telah menyiapkan program satu nagari satu advokat. Dalam hal ini menunggu utusan/masukan dari masing-masing walinagari yang ada di Banuhampu.

Bidang Koperasi dan UMKM akan kita inventarisasi seluruh UMKM yang ada di Banuhampu untuk di kelompokan dalam bidang usaha sejenis. Dan nantinya persoalan yang selama ini dihadapi UMKM dapat kita Carikan solusi ke depan, tambah ketua Paga Banua

Menurut rencananya paga Banua akan melibatkan pembina UMKM dan pelaku usaha yang sudah berhasil dibidangnya, seperti Dt.Sati Owner PT. Sumata Group yang mana produknya yaitunya sapu Korea telah merambah kepasar internasional, termasuk owner swalayan ternak di Sumbar yang juga merupakan warga Banuhampu serta perantau.

Ketua tim formatur Ardinal Bandaro Putiah mengucapkan terimakasih kepada Walinagari yang telah menyediakan aula pertemuan untuk rapat sampai terbentuk nya kepengurusan Paga Banua. Yaitunya walinagari Ladang Laweh, walinagari Cingkariang, walinagari Pakan Sinayan, serta dukungan dari seluruh walinagari Banuhampu, pembina, dan seluruh lapisan masyarakat Banuhampu.

“Untuk pelantikan pengurus direncanakan pada tanggal 28 Oktober, sambil menunggu perwakilan utusan nagari untuk mengisi unsur 5 bidang tersebut untuk lima hari kedepan.” tutup Dimas Zainuddin sebagai Sekretaris Paga Banua terpilih.

(Zam Ardi)

Ralat berita : Wakil ketua pembina 1 Drs Zakirudin St Sinaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *