Mushalla Nurul Fallah Cubadak Kamang Magek Mengadakan Acara Wisuda Khatam dan Hafizh Al-Qur’an

Agam, Sumatera barat2601 Dilihat

Kamang Magek, Banuaminang.co.id Mushalla Nurul Falaah yang berada di Jorong Cubadak Nagari Magek Kecamatan Kamang Magek. Hari ini Minggu, 25 Juni 2023 mengadakan khatam Al-Qur’an yang ke-6. Acara ini berpusat di mushalla ini, yang mana sebelumnya arak-arakan ini dimeriahkan oleh tambua dan drum band.

 

“Peserta khatam ini terdiri dari 15 orang siswa dari mushalla ini, dan 4 orang adalah Tahfiz Al-Qur’an 30 juzz” terang Sukarni Piliang selaku seksi dana.

 

Gusmar Daus selaku ketua pelaksana khatam Al-Qur’an ini dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang hadir dalam acara ini. Dan juga ucapan terimakasih kepada donatur yang telah menyumbangkan dananya untuk acara yang mulia ini, ungkapnya.

 

Undangan yang hadir

“Total dana yang terkumpul adalah Rp. 75.153.000 dan hadiah berupa sepeda, kompor gas, bintang emas dan hadiah hiburan,” tutup Gusmar.

Arak-arakan yang khatam Al-Qur’an

 

Iyet dan wiwin adalah dua orang tua dari murid yang hafiz Al-Qur’an 30 jus, yang juga diwisuda hari ini. “Semoga anak-anak ini nantinya menjadi mengamalkan kitab suci kita ini, dan bukan saja hafal tapi kita harapkan dapat di implementasikan di kehidupan sehari-hari,” ucapnya penuh haru.

 

Dalam pantauan Banuaminang.co.id acara ini dihadiri oleh wali nagari Magek (izralias SH) camat Kamang Magek, KUA Kamang Magek diwakili oleh Syafrizal, Kapolsek Tilatang Kamang, Puskesmas Kamang Magek dan tokoh- tokoh masyarakat.

 

Makan bajamba adalah suatu tradisi di Kamang Magek ini, dimana para tamu dan undangan juga peserta. Disuguhkan dengan makan nasi didalam wadah yang besar (biasanya talam ataupun baskom besar/red. Dimana didalam wadah tersebut telah diisi dengan sambalnya.

 

Dt. Nan Bah’jad yaitunya salah satu Niniak Mamak yang bersuku Piliang menyatakan “Makan bajamba ini adalah tradisi yang tetap kami pertahankan hingga saat ini, dan semoga bertahan hingga nantinya,” ucapnya saat dimintai keterangannya.

Tim Banuaminang.co.id dan awak media disuguhi makan bajamba

 

“Tujuannya adalah menjalin silahturahmi dan akan dapat mempererat hubungan antar sesama.” Tutup Datuak yang juga pengurus KAN ini.

 

Dalam pemantauan Banuaminang.co.id sisa nasi yang tidak habis tersebut dikumpulkan dan nantinya akan diberikan kepada ikan yang ada di kolam mushalla ini.

 

Hal ini pun dibenarkan oleh Andrizal yaitunya sekretaris acara wisuda dan Tahfiz ini.

“Sayangnya bapak Bupati Agam tidak hadir diacara yang kami rasa meriah ini, karena kami memotong satu ekor sapi. Padahal telah dilayangkan undangan kepada beliau,” tutup Andrizal.

 

(iing chaiang)

Koreksi dan ralat berita :

Pada alinea kedua tertulis “Peserta khatam ini terdiri dari 15 orang siswa dari mushalla ini, dan 4 orang adalah Tahfiz Al-Qur’an 30 juzz”

Seharusnya :

“Peserta khatam ini terdiri dari 15 orang siswa dari mushalla ini, dan 4 orang adalah Tahfiz Al-Qur’an juzz 30.”

 

Demikianlah koreksi dan ralat ini kami terbitkan. Dan kepada pembaca setia Banuaminang.co.id kami mohon maaf. Dan kepada pemberi koreksi kami ucapkan terimakasih

Diralat dan diperbaiki Minggu, 25 Juni 2023 jam 16:01 wib

Wassalam redaksi

(iing chaiang)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *