Ketua Umum IMI Bamsoet Berikan Uang Pembinaan Rp 100 juta kepada Pembalap Muda Aldi Satya Mahendra

Jakarta296 Dilihat

Jakarta, Banuaminang.co.id Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menuturkan IMI memberikan uang pembinaan Rp 100 juta kepada pembalap muda kebanggaan Indonesia, Aldi Satya Mahendra (17 tahun), yang berhasil menjadi Juara 1 dalam Kejuaraan Dunia World Supersport300 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko (30/7/23). Sehingga lagu Indonesia Raya bisa dikumandangkan dan bendera Merah Putih bisa dikibarkan di negara lain.

 

Sebelumnya Bamsoet juga telah memberikan uang pembinaan Rp.100 juga kepada pembalap Indonesia Fadilah Arbi Aditama yang juga berhasil mengumandangkan lagu Indonesia karena berhasil memyabet Juara I FIM JuniorGP World Championship 2923 di Spanyol.

 

“Walaupun kondisi hujan, Aldi yang bergabung dalam tim BrCorse mampu memacu motor Yamaha YZF-R3 dengan maksimal. Start dari grid ke-10 atau di baris ke-4, tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan perlawanan terhadap 30 pembalap lainnya. Hingga akhirnya ia memenangkan kejuaraan dengan finish di urutan pertama, termasuk mengukir waktu tercepat (best time) 1 menit 58,987 detik,” ujar Bamsoet usai menerima Aldi Satya Mahendra, di Jakarta, Kamis (3/8/23).

 

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Aldi memenangi kejuaraan dunia tersebut dengan keunggulan 0,169 detik atas pembalap Deza-Box 77 Racing Team Kawasaki asal Spanyol, Jose Manuel Osuna Saez yang finis kedua. Serta unggul 2,796 detik dari pembalap Accolade Smrz Racing BGR Kawasaki, Jose Luis Perez Gonzalez yang finis ketiga.

 

“Aldi menjadi pembalap Indonesia kedua yang pernah meraih kemenangan di Kejuaraan Dunia World Supersport 300. Setelah sebelumnya sang kakak, Galang Hendra Pratama, yang membela Yamaha Motoxracing juga berhasil memenangi balapan di Jerez, Spanyol pada tahun 2017 lalu,” jelas Bamsoet.

 

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, Aldi dan Galang merupakan lulusan Yamaha VR46 Master Camp, program pelatihan pembalap muda yang digelar dua kali setahun oleh Yamaha dan akademi balap Valentino Rossi, VR46 Riders Academy, di Tavullia, Italia. Galang mengikuti program ini pada 2016, sementara Aldi pada 2022.

 

“Selain balapan di World Supersport 300, pada musim balap 2023 ini Aldi juga fokus pada Kejuaraan Internasional R3 bLU cRU European Championship 2023 dan kini berada di posisi ke-2 dalam standing point,” terang Bamsoet.

 

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menambahkan, di Kejuaraan Internasional R3 bLU cRU European Championship 2023, Aldi pernah meraih double podium atau dua kali podium terbaik dalam 2 race yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia pada 15 Juli 2023. Total Aldi sudah meraih 4 kali podium juara, yaitu dua kali podium di Imola, kemudian di Donington Park dan Misano. Selain itu juga pernah podium runner-up di Barcelona dan podium ke-3 Misano. Untuk posisi pole position pernah diperoleh 2 kali di Assen and Catalunya.

 

“Masih terbuka peluang bagi Aldi untuk meraih juara umum karena berbeda 16 poin dari pemuncak klasemen. Mengingat seri final akan berlangsung di Sirkuit Magny Cours, Perancis pada 8-10 September 2023. Dengan dukungan seluruh elemen bangsa, serta diperkuat konsistensi Aldi dalam berlatih, kita doakan hasil terbaik selalu menyertai dirinya sehingga selalu bisa mengharumkan nama bangsa melalui kejuaraan balap yang diikutinya,” pungkas Bamsoet.

(Tim-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *