Kemanakah Anggota DPRD Agam Asal Palupuh di acara Sertijab Walinagari?

Agam, Sumatera barat2383 Dilihat

Palupuh, Banuaminang.co.id Serah terima jabatan walinagari dan pelantikan ketua TP-PKK di dua nagari di Kecamatan Palupuh baru saja dilaksanakan hari ini Khamis (14/9).

 

Dimana dua nagari tersebut adalah Nagari Nan Tujuah yang mana walinagarinya adalah Ramlan S.Sos Dt. Palindih dan Nagari Nan Limo yaitunya Tri Sakti TK. Muhammad. Sedangkan satu nagari lagi yaitunya Nagari Pasia Laweh tidak melakukan Sertijab, dikarenakan walinagari terpilih adalah Walinagari yang sebelumnya menjabat yaitunya Zul Arfin Dt. Parpatiah.

 

Seperti diketahui bahwasanya kecamatan Palupuh memiliki anggota DPRD Agam sebanyak 3 orang, yaitunya Syafril SE Dt Rajo Api, Edward Dt. Manjuang Basa dan Hendrizal.

 

Dalam acara pelantikan Sertijab walinagari hari ini, yang hadir adalah satu orang anggota DPRD Agam dari Palupuh yaitunya Hendrizal.

 

“Mengapa cuma satu orang anggota dewan kita yang hadir di acara Sertijab ini, dan kemanakah 2 anggota dewan yang lainnya?.” Tanya salah seorang tokoh masyarakat yang enggan ditulis namanya.

 

Dan kenapa pula acaranya diubah, apakah dikarenakan perubahan jadwal ini, kedua anggota dewan tersebut (E. Dt. Manjuang Basa dan SY. Dt. Rajo Api/red) tidak bisa hadir, sedangkan Dt. Rajo Api adalah ketua pemekaran nagari nan limo. Tutupnya seakan kecewa.

 

Memang acara Sertijab ini sudah dirubah, sebelumnya undangan pelatikannya adalah tanggal 8 September diganti menjadi tanggal 14 September hari ini, dan kemudian ada perubahan jadwal dari pagi menjadi siang hari.

Surat dari Sekretariat Daerah tertanggal 25 Agustus 2023

 

Hal ini berdasarkan surat dari Sekretariat Daerah kabupaten Agam tertanggal 25 Agustus 2023 bernomor 400.10.2.2/442/DPMN/VIII-2023 tentang serah terima jabatan walinagari terpilih periode 2023-2029 dan pelantikan ketua TP-PKK Nagari.

 

Pada tanggal 6 September 2023 terjadi Perubahan jadwal Sertijab walinagari terpilih dan pelantikan ketua TP-PKK nagari, hal ini berdasarkan surat dari Sekretariat Daerah kabupaten Agam bernomor 400.10.2.2/455/DPMN/IX-2023.

 

Perangkat dari kedua nagari yang melakukan Sertijab ini menyatakan, bahwa ada juga perubahan untuk acara Sertijab hari ini dari agenda pagi hari menjadi siang hari (13:00) dikarenakan pada pagi hari (09:00) adanya jadwal dari sekda Agam Menghadiri dan memberikan sambutan dalam Penilaian lapangan kompetensi Camat tingkat Propinsi Sumatera Barat di Kantor Camat Ampek Angkek, ungkap dari kedua perangkat dari dua nagari ini.

 

Dimana kalau diadakan Sertijab pada tanggal 8 September otomatis Hendrizal tidak akan bisa hadir dikarenakan pada tanggal tersebut komisi III ada acara di Padang. Hal tersebut dinyatakan oleh salah seorang anggota komisi III DPRD Kabupaten Agam kepada Banuaminang.co.id hari ini (14/9).

 

Edward Dt. Manjuang Basa dihubungi melalui WhatsApp (14/9) menyatakan bahwa komisi IV mengadakan acara kunker di Natal Mandailing.

 

 

Sementara Syafril Dt. Rajo Api menyatakan bahwa hari ini dia berada di Jakarta ada kegiatan partai, terangnya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp (14/9).

 

Dari penelusuran Banuaminang.co.id memang dihari ini (Sertijab/red) tidak bisa dihadiri lengkap oleh ketiga anggota dewan dari kecamatan Palupuh. Sedangkan apabila diadakan pada hari Jum’at tanggal 8 September, juga tidak bisa dihadiri oleh ketiga putra terbaik Palupuh ini, dikarenakan Hendrizal selaku komisi III ada giat di Padang.

 

(iing chaiang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *