Jurnalis Mancanegara Peliput KTT ASEAN 2023 Puji Jaringan Internet di Media Center

Nasional154 Dilihat

Jakarta, Banuaminang.co.id Sejumlah jurnalis mancanegara dan nasional yang meliput pelaksanaan ajang KTT ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, 1-8 September 2023, merasa nyaman dan puas atas kelancaran jaringan internet yang disediakan di media center yang dapat menampung maksimal 2.500 orang per hari. Konferensi Tingkat Tinggi ini diliput secara langsung oleh 1.077 jurnalis baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang berasal dari 170 media internasional dan 70 media nasional.

 

Salah satu jurnalis mancanegara dari Philippines TV, Allan Francisco, merasa sangat terbantu dengan jaringan WIFI yang sangat nyaman di media center KTT ASEAN 2023. Allan mengaku pekerjaannya sangat terbantu dalam mengirim video dan gambar yang dikirimkan setiap saat ke Filipina. “Jaringan Wifi di sini sangat nyaman dan membantu kami dalam mengirimkan laporan kami, baik video atau gambar, secara langsung ke Filipina,” kata Allan ketika ditemui di media center KTT Asean 2023, akhir pekan lalu.

 

Secara khusus Allan menilai pelaksanaan KTT ASEAN 2023 sangat mengagumkan karena isu-isu yang dibahas sangat penting bagi Filipina. Apalagi Filipina menjadi salah satu negara dan pendiri ASEAN.

 

Hal yang sama juga disampaikan jurnalis dari Jepang Yamasaki, yang merasa sangat nyaman dan bagus dengan ketersediaan akses internet di media center. “Jaringan internet di sini sangat nyaman sangat bagus, tidak ada masalah, sangat membantu pekerjaan kami. Sangat memuaskan,” katanya.

 

Fauzi Zein, jurnalis dari Malaysia, juga menilai sepanjang pelaksanaan KTT ASEAN 2023, akses internet di media center sangat bagus sehingga memudahkan para wartawan dan juru kamera dalam menyiapkan liputan hasil kerja. Selain itu, akses internet yang lancar juga membantu pekerjaannya dalam mengirimkan video dan gamar melalui siaran langsung ke Malaysia.

 

“Sepanjang keberadaan kami untuk membuat liputan, internetnya begitu bagus sekali dan pantas sekali dan memudahkan para wawrtawan, juru kamera, dalam menyiapkan liputan hasil kerja. Kedua mengantar bahan-bahan video gambar begitu pantas sekali ke Malaysia. Hari ini juga seperti saya dan rekan-rekan, membuat cross over lintas langsung begitu mudah, begitu baik dan ini sangat memudahkan kerja kami,” kata Fauzi.

 

Secara terpisah, jurnalis dari AntaraTV Afud Syafril mengatakan, kualitas jaringan internet di media center KTT ASEAN cukup cepat dan membantu pekerjaannya dalam mengirim gambar dan video yang ukurannya sangat besar dan membutuhkan bandwith ekstra. “Kualitas jaringan internet di sini cukup cepat, karena kami kan harus kirim gambar dan vdeo, butuh ekstra bandwith dan cukup akomodir untuk membantu pekerjaan kami sehingga lebih lancar dalam mengirim proses produksi,” katanya.

 

Selain jurnalis, beberapa peserta juga merasakan pengalaman yang memuaskan atas koneksi internet di media center. Hal tersebut disampaikan oleh Dika, humas dari Kementerian BUMN dan Faisal Hidayat, event organizer, yang hadir selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023 berlangsung sejak awal. “ Jaringan internet lancar, amat sangat lancar dan ini juga disediakan kabel LAN, selain koneksi Wifi secara langsung,” kata Dika dan Faisal. (Tim-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *