Dt. Majo Nan Putiah Paninggiran Ateh Batagak Pangulu

Agam, Sumatera barat612 Dilihat

Agam, Banuaminang.co.id ~~ Batagak Pangulu adalah pesta adat tertinggi di Daerah Minang Kabau. Karena itulah, acara Batagak Pangulu disebut dengan acara Baralek Gadang.

Hari ini Minggu (30/01/22) Bertempat di Patapaian, Jorong Paninggiran Ateh, Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Tepatnya di Rumah Gadang suku koto Kaum Dt. Majo Nan Putiah telah dilaksanakan acara adat, yaitunya malewakan Dt. Majo Nan Putiah Paninggiran Ateh Batagak Pangulu Adat.

Jacky Donata dinobatkan sebagai Pangulu dengan gelar Dt. Majo Nan Putiah, Remon selaku Panungkek bergelar Dt. Bagabang Basa, sedangkan Tuanku Sutan disandang oleh Muhammad Tamim Ibrahim.

D. Dt. Kayo selaku ketua Koto Sambilan dalam lingkung Niniak Mamak 40 menyatakan “Acara Batagak Pangulu ini adalah Hiduik Bakarilahan yang artinya sebelumnya gelar Pusako Datuak Majo Nan Putiah dibawa oleh H. Emsawir, karena bukik indak tadaki lurah indak taturuni dan telah sepakat bersama anak kamanakan dari beliau, maka gelar Pusako Adat yaitunya Datuak Majo Nan Putiah dibawa oleh Jacky Donata,” ujar Beliau yang juga Inyiak Limo Bateh Sariak.

Dalam pantauan Banuaminang.co.id dilapangan, acara ini cukup meriah. Dari pagi hingga sore sangat banyak undangan yang hadir dalam acara adat ini.

Seperti yang lazim dilaksanakan dalam lingkungan adat Niniak Mamak Nan 40 Dikato Nagari Nan Limo, para undangan dijemput dan kembali diantar oleh pihak yang mengadakan acara, yaitunya kaum Dt. Majo Nan Putiah beserta Koto Sambilan.

Sy. Dt. Bandaharo salah satu Ketua KAN Nan Tujuah, malam ini (20:30 wib, Red) menyatakan mulai saat ini Jacky Donata resmi menyandang gelar pangulu dengan gelar Datuak Majo Nan Putiah, ujar beliau saat dimintai keterangannya.

H. Emsawir yang sebelumnya bergelar Dt. Majo Nan Putiah dan sekarang sudah menjadi Angku Majo Nan Putiah, berharap kedepannya kepada penerus beliau agar dapat seayun selangkah dengan masyarakat nagari dan begitupun terhadap anak kemanakan, ujarnya.(IC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.