Walinagari Pasia Laweh Mengadakan Sosialisasi Untuk Pembentukan Jorong Bancah Laweh

Agam296 Dilihat

Palupuh, Banuaminang.co.id Walinagari Pasia Laweh, kecamatan Palupuh, mengadakan rapat perencanaan pembentukan jorong Bancah Laweh. Acara sosialisasi ini diadakan di mesjid Nurul Mukminin pada hari ini, Kamis 8 Agustus 2024.

 

“Mengingat terlayani pelayanan untuk masyarakat, maka perlu diusulkan untuk pembentukan Jorong Bancah Laweh, mengingat kondisi geografis Bancah Laweh yang terletak jauh dari jorong induk yaitunya Aur Kuning,” ungkap walinagari.

 

Selanjutnya supaya nilai historis dari Bancah Laweh ini tidak hilang, dan hal ini berdasarkan aspirasi dan kehendak dari kedua masyarakat tersebut yaitunya Aur Kuning dan Bancah Laweh, bahkan sudah dibincangkan dengan Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat di Nagari Pasia Laweh. Terang Zul Arfin Dt. Parpatiah, S.Sos, MM, C.PCM, NL.P.

 

“Untuk itu akan di bentuk tim independen untuk pemenuhan proses pembentukan jorong Bancah Laweh ini, diharapkan di bulan September sudah masuk laporan dan permintaan pembentukan jorong Bancah Laweh ini di Kantor Bupati Agam”. Lanjut Dt. Parpatiah.

 

A. Dt. Marajo selaku tokoh adat Bancah Laweh menyatakan, sangat berharap sekali agar Bancah Laweh menjadi Jorong Defenitif.

 

“Hal ini sudah sangat didambakan masyarakat, karena Bancah Laweh sangat jauh dari jorong induk. Bahkan Bancah Laweh warganya sering berintegrasi dan bersosialisasi dengan warga Nagari Nan Limo, yaitunya jorong Paninggiran Bawah dan jorong Paninggiran Ateh, karena berbatasan langsung dengan kedua jorong tersebut. Apalagi dahulunya juga sudah ada dusun atau jorong Bancah Laweh” Tutupnya.

 

Refauzi Emran St. Batuah menyatakan, “Terimakasih dan menyambut baik tujuan pemerintah Nagari Pasia Laweh, atas adanya rencana untuk pembentukan jorong Bancah Laweh ini. Semoga hal ini nantinya dapat terlaksana sesuai dengan keinginan masyarakat.” Tutupnya.

 

(iing chaiang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *