Keunikan Gunung Lokon

Keunikan Gunung Lokon

 

Salah satu Gunung yang unik di Indonesia adalah Gunung Lokon. Gunung Lokon adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di dekat kota Tomohon, Sulawesi Utara, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.580 meter di atas permukaan laut dan terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam yang populer di Sulawesi Utara.

 

Gunung Lokon ini dikatakan unik karena kawah utamanya bukan berada di puncak gunung, melainkan berada di sisi gunung, sehingga walaupun sudah beberapa kali meletus puncak gunungnya dari kejauhan masih terlihat kerucut, karena letusan terjadi pada kawah yang berada di samping gunung.

 

Gunung Lokon menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan menantang bagi para pendaki. Di puncak gunung ini, pengunjung bisa melihat pemandangan yang menakjubkan, termasuk panorama kota Tomohon dan pegunungan yang hijau nan eksotis.

 

Untuk mencapai puncak Gunung Lokon, pengunjung harus melakukan pendakian yang cukup menantang. Namun, selama pendakian, pengunjung akan melewati berbagai pemandangan alam yang menakjubkan seperti lembah, hutan, dan sungai yang jernih. Terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih, yaitu jalur Kakaskasen, jalur Kinilow, dan jalur Tinoor.

 

Gunung Lokon tercatat sudah beberapa kali meletus, gempuran hebat letusan gunung lokon, Sulawesi Utara, berdampak naiknya permukaan tanah dan memungkinkan benda-benda purbakala yang lama terpendam muncul ke permukaan. Salah satunya adalah penemuan telapak kaki kiri ditengah letusan gunung Lokon Senin 1 Agustus 2011 lalu di Perkebunan Momo, Tomohon Sulawesi Utara.

 

Penemuan jejak kaki ini menggemparkan warga, karena telapak kakinya berukuran raksasa dan berusia sangat tua. Para arkeolog setempat memperkirakan, telapak kaki raksasa ini merupakan peninggalan zaman pra-sejarah. Sementara penduduk sekitar meyakini tapak kaki jumbo itu, milik Siow Kurur atau salah seorang leluhur suku minahasa yang bertubuh besar.

 

Jejak kaki tersebut awalnya ditemukan oleh sejumlah warga setempat secara tak sengaja di sebuah kompleks perkebunan Mo’mo di Kelurahan Kinilow I. Besarnya ukuran kaki ini sangat fantastis. Saat diukur, jejak yang membekas di batu itu panjangnya mencapai 72 sentimeter dan lebarnya 30 sentimeter atau lima kali lebih besar dari ukuran normal kaki manusia. Para arkeolog dari Balai Arkeologi Manado yang meneliti jejak kaki itu, menduga jejak telapak kaki kiri raksasa ini merupakan peninggalan zaman pra-sejarah atau zaman megalitikum atau zaman batu besar.

 

Untuk para petualang dan pecinta alam Gunung Lokon ini menjadi tujuan yang menarik untuk disambangi. Untuk memudahkan, Letak Gunung Lokon ini sudah ditandai dalam Google Maps

 

Gunung lokon dan tapak kaki purbakala berada di Sulawesi Utara, Kota Tomohon Minahasa Manado.

 

Penghimpun: iing chaiang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *