Kasum TNI : Tentara Dilatih Untuk Siap Berperang Dalam Keadaan Tidak Terduga

Nasional, TNI POLRI69 Dilihat

 

Jakarta, Banuaminang.co.id — Suka tidak suka inilah tugas kita,  Tantara dibentuk untuk siap latihan berparang dan jangan pernah beranggapan bahwa tidak akan terjadi perang atau keadaan yang tidak terduga.  Demikian disampaikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI  Letnan Jenderal (Letjen) TNI  Bambang Ismawan, S.E., M.M. yang menyaksikan langsung  kegiatan  Tactical Floor Game  (TFG) yang dilaksanakan oleh Kogabwilhan I bertempat di Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal), Cipulir, Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada Senin (24/7/2023).

 

Lebih lanjut Letjen TNI Bambang Ismawan menegaskan bahwa sangat penting bagi kita termasuk  penyelenggara dan pelaku untuk  mengevaluasi kekurangan yang ada sehingga ke depan akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu silahkan berikan masukan yang sebanyak- banyaknya supaya latihan yang akan datang jauh lebih baik.

 

“Karena kita lihat kalau perang sebenarnya  tidak semudah kegiatan TFG yang barusan kita lakukan.  Karena kalau perang dinamikanya sangat tinggi dan sangat kompleks.  Apalagi  perang akan lebih sulit dimana musuh tidak dapat diatur. Harapannya agar semua pihak yang terlibat di Manuver Lapangan (Manlap) nanti agar benar-benar diaplikasikan secara baik dan benar,” harapnya dengan penuh semangat.

 

Latihan  TFG yang dipimpin langsung oleh  Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan)  I  oleh Laksda TNI Irvansyah. Kegiatan tersebut berjalan dengan simulasi di atas peta dengan dinamika yang sangat tinggi.  Pelaksanaan kegiatan TFG tidak ada hambatan yang berarti karena dianggap masing-masing Komando Tugas Gabungan (Kogasgab) dan Satgasduk (Satuan Tugas Dukungan) dianggap masing-masing mengerti dan memahami tugasnya. Pada bagian lain Satgasdukpen (Satuan Tugas Penerangan) baru pertama kali dilibatkan dalam kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) TNI, khusunya di Kogabwilhan I dianggap sukses dalam menangani semua persoalan dalam  tahap-tahap Latposko yang   dapat diselesaikan secara tepat dan benar.

 

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Latposko Latihan Gabungan TNI 2023 sudah berjalan selama satu minggu, Pembukaan Latposko dimulai dari 17 Juli lalu dan penutupan Latposko  pada Senin 24 Juli 2023. Penutupan Latposko diakhiri dengan evaluasi dan kaji ulang sebagi penyempurnaan dalam Latihan yang akan datang.   Selanjutnya  kegiatan Manlap di Kogabwilhan I    akan  diselenggarakan di Dabo Singkep-Kepri dan Kogabwilhan III akan diselengarakan di Manokwari Selatan- Papua. Untuk jadwal waktunya  masih menunggu dari Komando Atas. Sedangkan Manlap untuk Kogabwilhan II menurut rencana akan dilakukan mulai  pada tanggal 28 Juli sampai dengan  4 Agustus 2023  bertempat  di Asam Bagus, Situbondo, Jawa Timur.

(Yori H)

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *