Jelang HUT Kemerdekaan RI, PLN UP3 Sanggau Nyalakan Listrik Rumah Warga Kurang Mampu Lewat Program BPBL

Kalbar264 Dilihat

Sanggau, Banuaminang.co.id Jelang Perayaan HUT kemerdekaan RI ke 78, PLN UP3 Sanggau melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari pemerintah, nyalakan listrik rumah masyarakat kurang mampu di Desa Merangau, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, pada Senin tanggal 7 Agustus 2023.

 

Di tahun 2023 ini, pemerintah melalui PT PLN (Persero) kembali memberikan program berupa Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada masyarakat pra-sejahtera di seluruh Indonesia. Program BPBL ini menyasar keluarga pra-sejahtera yang tidak memiliki biaya untuk mengajukan permohonan pasang baru listrik.

 

Sumarno (57), warga Desa Meranggau, salah satu penerima manfaat program BPBL mengungkapkan rasa syukur dengan adanya bantuan listrik gratis ini. Pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai buruh lepas di kebun sawit ini mengaku tidak memiliki kemampuan untuk membayar biaya pasang baru listrik di rumahnya yang sangat sederhana.

 

“Penghasilan sebagai buruh lepas di perkebunan sawit hanya bisa menutupi kebutuhan hidup sehari-hari saja, rasanya tidak mungkin memiliki listrik di rumah sendiri,” ungkap Sumarno.

 

Sebagai penerima manfaat program BPBL, Ia mengaku bagaikan mimpi yang jadi kenyataan.

 

“Keinginan untuk memiliki listrik di rumah sendiri merupakan impian kami sejak lama. Terimakasih PLN, berkat bantuan ini rumah kami jadi terang-benderang, aktivitas yang kami lakukan di rumah semakin nyaman,” ujar Sumarno.

 

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sanggau, Ramli Malawat, mengatakan bahwa program BPBL ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dan PLN kepada masyarakat pra-sejahtera yang sangat menginginkan listrik dirumahnya.

 

Diakuinya, bahwa listrik merupakan kebutuhan utama masyarakat agar dapat beraktivitas dengan mudah dan nyaman. Menurutnya, jika dimanfaatkan secara benar, keberadaan listrik juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga melalui berbagai usaha kecil dan menengah yang dapat dilakukan di rumah.

 

“Dengan adanya program bantuan listrik gratis ini diharapkan masyarakat kurang mampu dapat meningkatkan aktivitas di rumah serta menumbuhkan potensi usaha guna meningkatkan pendapatan keluarga,” pungkas Ramli.

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *