Jalan Lingkar Gumarang I dan II Terancam Putus

Agam, Sumatera barat237 Dilihat

Palembayan, Banuaminang.co.id ~~ Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Agam dan Bukittinggi hari Jum’at kemarin (11/11/22), mengakibatkan jalan Daud Dt Sinaro rusak berat.

 

Jalan tersebut merupakan jalan lingkar yang menghubungkan dua buah Jorong di Nagari Tigo Koto Silungkang yaitu Jorong Gumarang I dan Jorong Gumarang II.

 

Jalan ini juga merupakan jalan utama bagi masyarakat untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan.

 

“Ini adalah bencana kedua setelah terjadi hujan deras pada tahun yang lalu, namun masih bisa dilewati oleh mobil,” ujar salah satu warga kepada Banuaminang.co.id.

 

Untuk saat sekarang jembatan ini tidak lagi bisa dilewati karena tanah timbunan sudah dibawa arus air yang cukup deras.

 

“Kami dari masyarakat dan niniak mamak, tahun yang lalu sudah mengusulkan kepada pemerintah Kab. Agam untuk segera di perbaiki, namun tidak ada respon yang positif.” Ujar Adek Indraguna melalui telepon selular.

 

Sampai saat ini kondisi jalan tersebut sudah semangkin parah, jika terjadi lagi curah hujan yang deras maka jembatan ini akan dikhawatirkan akan putus dan pasti sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat.

 

Untuk itu kami dari tokoh masyarakat meminta kepada Pemerintah Daerah Kab.Agam agar sesegera mungkin meninjau dan melakukan perbaikan terhadap kerusakan jembatan tersebut, harap Adek Indraguna.

 

Jembatan tersebut umurnya sudah tua, dulu terbuat dari kayu. Karena sempat menimbulkan kecelakaan, akhirnya di buat polongan dengan swadaya dan ditimbun.

(iing chaiang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *