Terkait Warga Nan Limo di Lapas Biaro, Warga: Jan Tulih Namo Wak Ndak, Biko Dicabuik nyo pulo Bantuan Untuak Awak

Agam978 Dilihat

Palupuh, Banuaminang.co.id Wali jorong Paninggiran Bawah Nagari Nan Limo membenarkan bahwa dirinya memang memberikan surat dari kepolisian Polresta Bukittinggi terkait dugaan kekerasan yang dialami oknum ASN kota Bukittinggi akibat nikah siri dan dipukuli oleh pihak keluarga, kepada beberapa orang yang saksi dari warga yang dipimpinnya.

 

Hal ini dinyatakan oleh Wirman Fadli melalui pesan singkat atas konfirmasi dari Banuaminang.co.id pada hari Rabu (12/6). “Terkait mengantarkan surat permintaan saksi satu kali,

Yang menyuruh untuk menyampaikan surat tersebut pak dedi babhin.” Tulisnya. Sedangkan permintaan tentang tujuan dari hal tersebut, wali jorong yang bergelar Tuanku Mudo ini, tidak memberikan jawabannya.

 

Terkait dengan adanya penahanan di Lapas kelas IIA Bukittinggi terhadap ke empat diduga tersebut, Banuaminang.co.id mempertanyakan kepada mereka apakah akan mempergunakan pra peradilan terkait hal itu dihadapan pihak dari petugas dan jajaran Lapas kelas IIA Bukittinggi ini.

 

“Kita tidak memiliki uang untuk hal tersebut, dan juga kita tidak bersalah. Semoga nantinya Hakim membela yang benar. Karena kita sudah berdamai terkait pemukulan dihadapan walinagari, dan juga Bhabinkamtibmas,” ungkap mereka. (12/6).

 

Pihak keluarga juga sudah mempertanyakan hal tersebut kepada walinagari Nan Limo dan walijorong Paninggiran Bawah. “Nyiak wali akan menjelaskan bahwa telah ada perdamaian terhadap pemukulan di malam 20/12/23, nantinya didalam persidangan.” Ungkap Amril Kr. Bandaro.

 

Salah seorang warga Paninggiran Bawah yaitunya F yang saat ini sudah menetap dan tinggal di luar kabupaten Agam menyatakan kepada Banuaminang.co.id melalui WhatsApp. Khamis (13/6).

 

“Kasus hampia saroman Iko, dulu alah Pulo tajadi di kasiak rampuang, ado urang tatangkok laki-laki Jo padusi, Kanai tinju, Kanai Tampa dan sebagainyo. Malahan dimandikan Jo sabun ekonomi ciek surang, sampai habih dinyo ciek sabun tu. Dan keluarga urang tu, Tibo apak Mandeh sarato mamaknyo dan didando 40 zak simin. Wakatu itu si MS tu Bana nan jadi wali jorong.” Terangnya dengan bahasa Minang.

 

Selanjutnya F menyatakan, “ko lecet-lecet miang noh mangadu pulo, bini urang ba ambiak tantu berang dunsanaknyo, sangkek tun simin nan Kito tarimo, kiniko urang Kampuang pulo nan masuak pinjaro. Pandai mangatokan urang salah. Tibo diawak, awak sajo nan Batua. Mangadu pulo sasudah badamai, mamariangik an Kampuang sajo. Kalau indak picayo tanyo kasadoalahan urang nginbaruah tu, Iyo si MS sangkek jadi jorong man-dando urang tu ji simin.” Tutupnya. (Simin artinya semen/red)

 

Sementara salah seorang tokoh agama yang juga diluar daerah menyayangkan hal ini terjadi. “Bagaimanapun alasannya. Dalam agama, zina adalah dosa besar.” Ucapnya.

 

Saya miris sekali terkait pemberitaan yang viral mengenai Nagari Nan Limo ini, apalagi sudah ada perdamaian ditingkat desa oleh polisi dan pemerintah desa. Kok bisa sampai ke pengadilan? Wali nagari harus nyatakan sikap untuk membubarkan Bhabinkamtibmas di nagari-nagari, karena tidak dihargai di Polres terkait perdamaian yang telah dibuat. Terang IC melalui smartphone (14/6).

 

Sementara salah seorang penduduk Nagari Nan Limo yang berdomisili didalam nagari, saat dimintai pendapatnya menyatakan. “Jan sabuik-sabuik an namo wak ndak?” Ucapnya mengawali pembicaraan.

 

“Manyasa den mamiliah nyiak wali tu, kok modeko kapandaian Jo kabijakannyo, labiah elok sianu ntun lai…lai bagak. Ko… Malu wak dinyo. Kok ka indak talok doh jadi pamimpin, Baranti se lah. Ko jorong amuh Pulo disuruah-suruah maanta surek. Bara kapandianyo awak.” Ungkapnya.

 

“Jan tulih namo wak ndak, Biko dicabuik nyo pulo bantuan untuak awak.” Tutupnya penuh harap.

 

Sementara pihak keluarga dari keempat yang sekarang di lapas, setelah beberapa hari ini berfikir, akhirnya pada Jum’at (14/6) menyatakan bahwa tidak akan meminta pra peradilan. Dan untuk selanjutnya juga tidak akan menggunakan jasa pengacara.

 

“Besok kami akan menghubungi pihak kuasa hukum dan mencabutnya, karena ada sesuatu hal. Dan melalui media ini, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Riyan Permana Putra dan rekannya, yang telah berusaha semaksimal mungkin terhadap kasus yang kami alami.” Ungkap Yersi, Amril, Syamsimar dan Ces. (14/6).

 

(iing chaiang)

Referensi berita terkait:

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *