Tanggapan Niniak Mamak Kurai Terkait Video Viral di Pelataran Jam Gadang

Bukittinggi3719 Dilihat

Bukittinggi, Banuaminang.co.id Beberapa hari ini warga kota Bukittinggi diresahkan dengan adanya konten viral yang diduga dipublishkan melalui akun media sosial tiktok. Dimana didalam video yang viral itu terlihat 3 orang yang berjoget ria, diiringi lagu Minang. Ketiga orang itu terdiri dari 2 perempuan dan satu orang laki-laki.

 

Hal ini menjadi perbincangan hangat dibeberapa grub WhatsApp kota Bukittinggi dan kabupaten Agam, begitupun dengan akun sosial- akun sosial yang diduga warga dari Luhak Agam, yang merasa ter-lecehkan oleh video tersebut. Karena video tersebut dibuat dilokasi Jam Gadang. Dimana Jam Gadang adalah salah satu kebanggaan dari warga Luhak Agam ini.

 

Uncu nan dari sungai Lansek…

Luruih jalan ka Tanjuang Gadang…

Mulo batamu Denai tapikek…

Kironyo Adiak lah punyo urang…

 

Itulah penggalan lagu dari video yang menggemparkan dan meresahkan warga Luhak Agam khususnya Kota Bukittinggi.

 

Hari ini, Senin (10/6) Banuaminang.co.id meminta tanggapan dari salah seorang Niniak Mamak di kota Bukittinggi. Saya merasa malu dengan adanya video tersebut, apalagi saat ini kita bersama Pemko Bukittinggi mengadakan program unggulan tentang Budaya Alam Minangkabau terhadap generasi penerus, ungkap Niniak Mamak yang tidak ingin disebutkan nama dan gelarnya didalam pemberitaan.

 

“Ini jelas-jelas pekerjaan yang sumbang dalam budaya leluhur kita, Adat Basandi Syara’ syara’ basandi kitabullah,” lanjut Niniak Mamak dalam Adat Kurai ini.

 

Diharapkan ketegasan dari Pemko Bukittinggi terkait hal ini, apakah ini pengunjung dari luar, atau apakah memang warga kota Bukittinggi yang sengaja membuat konten seperti itu. Diminta kepada pihak Pemko Bukittinggi mencari tau siapa mereka, dan buatlah maklumat atau peraturan khusus mengenai hal ini, apalagi ini adalah kota kelahirannya tokoh pendiri bangsa yaitunya Muhammad Hatta, lanjutnya.

 

“Insyaallah dalam waktu dekat, akan kita bahas hal ini dalam sidang/rapat musyawarah Niniak Mamak se Kurai.” Tutup Niniak Mamak ini.

 

Sumbang Duo Baleh tersebut adalah: sumbang duduak, sumbang tagak, sumbang diam, sumbang bajalan, sumbang Kato, sumbang caliak, sumbang bapakaian, sumbang bagaua, sumbang karajo, sumbang tanyo, sumbang jawab dan sumbang kurenah.

 

(iing chaiang)

Sumber foto: tangkapan layar video yang viral tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *