Seru !! Prajurit Satgas 412 Kostrad Belajar Kearifan Lokal Bersama Mama Mama Di Pedalaman Papua

Nasional, Papua, TNI POLRI408 Dilihat

Lanny Jaya, Papua, Banuaminang.co.id ~~ Komunikasi sosial kreatif bersama masyarakat terus di bangun oleh Prajurit Bharata Satgas Yonif MR 412 Kostrad untuk mendukung pola pembinaan teritorial di daerah penugasan pegunungan tengah Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

 

Kesempatan kali ini, para Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad dari Pos Malagay belajar membuat Noken (tas rajut khas Papua yang terbuat dari benang) bersama Mama Mama di Kampung Golo Distrik Malagay Lanny Jaya, nampak antusias Prajurit Tempur Kostrad dalam belajar ingin tahu bagaimana cara merajut benang untuk bisa menjadi sebuah Noken yang menarik dan mempunyai nilai jual.

 

Kami ingin mengetahui adat budaya masyarakat atau kearifan lokal yang tumbuh di Papua khususnya di Kabupaten Lanny Jaya ini, salah satunya yakni Noken itulah mengapa kami ingin belajar bagaimana cara membuat Noken Papua, Demikian disampaikan Wadanpos Malagay Letda Inf Muhammad Tauhid, S.Tr. Han dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sabtu, (26/2).

 

Letda Inf Tauhid menambahkan, “proses belajar membuat Noken cukup menarik, setelah kita mengatahui cara pembuatannya kita juga memotivasi para Mama Mama untuk mengembangkan produksi usaha pembuatan Nokennya sehingga dapat menambah perekonomian keluarga”, tambahnya

 

Dikonfirmasi terpisah, Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H., S.Sos., M.Si. mengatakan bahwa dimanapun kita berada harus belajar dan menjunjung tinggi kearifan lokal dan adat budaya yang tumbuh subur disuatu daerah tersebut.

 

“Kita jangan malu untuk belajar kepada siapapun, karena berawal dari situ kita mengetahui wujud kekayaan budaya Indonesia khususnya yang ada di Papua”, ungkap Dansatgas

 

Mama Yomez Kiwo, salah satu Mama Mama yang mengajarkan pembuatan Noken mengatakan bahwa dirinya dengan senang hati meluangkan waktunya untuk mengajarkan Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad dari Pos Malagay belajar cara membuat Noken.

 

Sumber : Pensatgas 412

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.