Reuni Akbar ke IV Alumni lintas angkatan SMPN 1 Sungaipua, MEMBLUDAK

Agam905 Dilihat

AGAM– BANUAMINANG.CO.ID–Reuni Akbar Alumni Lintas Angkatan SMP Negri 1 Sungaipua Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam diadakan pada hari kamis tanggal 5 Mei 2022 di SMPN 1 Sungai Puar.

Pukul 10.00 pagi, cara diawali di lapangan bola Tangah Koto dimana para Alumni dan Undangan diarak dengan secara apik, diiringi bunyi tambua dan pupuik sarunai menuju ruangan pertemuan belajar sekolah, sebelum memasuki lingkungan sekolah rombongan Alumni dan Undangan disambut dengan silek gelombang, dan tari pasambahan.

Setelah memasuki ruangan pertemuan, acara dimulai dengan Pasambahan / Pakolahan yang dilakukan oleh dua orang murid SMPN 1 Sungaipua , didikan dari Zulhendrif Bandaro Labiah dimana kedua murid ini meminta sifat untuk memulai acara.

Acara dibuka oleh ketua panitia pelaksana Zulhendrif Bandaro Labiah yang juga anggota DPRD Kabupaten Agam. Dilanjutkan sambutan oleh Kepala sekolah, selanjutnya sambutan Walinagari Sungai Puar, pada acara tersebut juga dihadiri tokoh masyarakat Feri Adrianto. Dan sekaligus menyampaikan sepatah dua patah kata.

Dalam acara resmi, Sambutan diberikan juga oleh ketua alumni periode 2018-2021 Bapak Suherdi

Penampilan seni berupa Tari Piriang oleh Murid SMP N 1 Sungaipua juga menjadi hiburan tersendiri bagi para Alumni dan Undangan

Acara dilanjutkan oleh Ketua Umum Alumni SMP N 1 Sungaipua periode 2022 – 2025 Husnison Nizar yang juga Wakil ketua Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta. Beliau berharap kiranya seluruh alumni dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk ikut serta membangun SMP N 1 Sungaipua kedepannya.

Di penghujung sambutan, disampaikan Kepala Satpol PP dan Damkar Dandi Pribadi mewakili Bupati Agam.

Seremonial peralihan kepengurusan Alumni diadakan acara penyerahan Pataka yang merupakan lambang kebesaran alumni dari pengurus lama ke Bapak Dandi Pribadi, selanjutnya diserahkan Dandi Pribadi mewakili Bupati Agam yang tidak bisa menghadiri acara kepada Pengurus periode 2022 -2025

Pada kesempatan ini pihak sekolah juga memanfaatkan waktu untuk penanda tanganan MOU antara pihak sekolah dengan Alumni, dimana MOU ditandatangai oleh Kepala Sekolah Marianis dengan Ketua Umum Alumni dan salah seorang wakil alumni yaitu Zulhendrif Bandaro Labiah. Pada kesempatan ini Ketua Umum Alumni SMP N 1 Sungaipua juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan dalam bentuk cenderamata kepada Pemerintah Daerah, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat dan Walinagari Sungaipua.

Selepas acara serah terima kepengurusan, acara dilanjutkan dengan makan bersama (makan barapak) dimana acara ini sangat ditunggu oleh para Alumni karena ini saatnya para alumni dapat malapeh taragak, bacarito sambil makan bersama ditambah pula dengan makan ringan berupa Bubur Kampiun. Nasi dan lauk pauknya serta makanan ringan disiapkan dan dibuat oleh Alumni juga tutur Ketua Pelaksana.

Sesudah shalat Zuhur acara dilanjutkan kembali dilapangan dengan acara donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Bukittinggi, disamping itu juga ada Pengalangan dana.

Menurut keterangan Ketua Umum Alumni SMPN 1 Huznison Nizar, ini acara reuni yang ke 4 setelah tertunda karena covid 19, dengan motto marantang panjang mangambang laweh. Beliau juga menyampaikan bahwa bahwa acara tersebut sukses, dihadiri 500 alumni dan sekitar 4000 masyarakat yang ikut dalam acara Hiburan Masyarakat.

Ketua Panitia pelaksana Zulhendrif Bandaro Labiah menyampaikan bahwa sebelum acara ini terlaksana, Alumni juga menyerahkan bantuan beasiswa murid berprestasi dan anak Yatim sebanyak 92 orang murid. Biaya acara ini sekitar Rp. 70.000.000,- dan dana terkumpul lebih dari Rp. 100.000.000,-

Guna menjaga kebersihan lingkungan Kami panitia juga menyediakan kantong plastik untuk sampah, hal ini menjaga kebersihan dilapangan maupun dilingkungan sekolah.

Ketua alumni Husnison Nizar menyatakan, tahun 1965 sekolah berada di Talao, Nagari Padang Laweh yaitu Sekolah partekelir karena masyarakat sekitar banyak yang tidak diterima sekolah di bukittinggi. Beberapa waktu kemudian terjadi perpindahan lokasi sekolah dari Padang Laweh ke Nagari Sariak karena banyaknya peminat sekolah. Dan tahun 1967 penghulu nan ampek bersepakat menyerahkan tanah untuk dibangun SMP negeri, sebagai syarat didirikannya sekolah negeri yang berlokasi di di laham bagian SMP saat ini. Angkatan pertama SMPN 1 Sungai Puar tahun 1967.

Disamping dihadiri oleh para Alumni, Panitia juga mengundang para pensiunan guru dan guru aktif diberikan bingkisan sebanyak +/- 50 bingkisan.

Pada sesi acara huburan masyarakat berupa Musik dan permainan KIM, panitia menyediakan hadiah lebih kurang 800 macam, acara dimulai selepas shalat Isya dan berakhir sekitar jam 02.00 Jum’at dini hari.

Pada Spanduk Utama diruangan acara terlihat ada tulisan Selamat Datang Bapak Bupati Agam , Namun mungkin karena kesibukan kerja, Bupati tidak bisa menghadiri acara tersebut.(tim banua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *