Prabowo Subianto Berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng

JAWA TIMUR112 Dilihat

Jombang, Banuaminang.co.id Prabowo Subianto, capres dari Partai Gerindra berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Ketum Partai Gerindra itu sempat singgah sekitar 10 menit di kamar tidur Pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari atau Mbah Hasyim.

Pria yang juga menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) itu tiba di PP Tebuireng Jombang sekitar pukul 14.20 WIB (Minggu,21/05). Kedatangannya disambut Pengasuh PP Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

 

Capres dari Partai Gerindra itu berziarah dulu ke makam keluarga PP Tebuireng. Baik ke makam Presiden RI Keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Menteri Agama RI pertama KH Wahid Hasyim yang merupakan ayah Gus Dur, maupun adik Gus Dur, KH Solahuddin Wahid atau Gus Solah.

 

Setelah dari makam Prabowo menuju ke Ndalem Kasepuhan untuk bertemu Gus Kikin dan keluarga PP Tebuireng. Sayangnya, pertemuan itu berlangsung tertutup. Di sini, Prabowo mendapat kesempatan masuk ke kamar tidur Mbah Hasyim.

 

Sekitar 10 menit, ia singgah di dalam kamar bersejarah itu. Ia didampingi putra Gus Solah, Irfan Asy’ari Sudirman Wahid yang akrab disapa Gus Ipang. Gus Kikin pun membenarkan adanya momen itu.

 

“Tidak bersama saya (Prabowo masuk ke kamar Mbah Hasyim), tadi bersama Gus Ipang,” kata Gus Kikin kepada wartawan Minggu (21/5/2023).

 

Gus Kikin juga tidak mengetahui apa yang dibicarakan Prabowo dengan Gus Ipang di dalam kamar Mbah Hasyim. Ia hanya memberikan izin Prabowo untuk memasuki kamar Mbah Hasyim.

 

“Wah saya ndak tau apa yang dibicarakan di dalam. Tadi matur (pamit), ya silakan saja masuk,” terangnya.

 

Majelis Keluarga PP Tebuireng KH Irfan Yusuf Hasyim atau Gus Irfan juga membenarkan bahwa Prabowo sempat masuk ke kamar tidur Mbah Hasyim. Menurutnya, Menhan sekitar 10-15 menit di dalam kamar itu. Namun, tidak ada diskusi maupun pembicaraan khusus di dalamnya.

 

“Beliau hanya diam saja meresapi, meresapi suasana, meresapi auranya,” ungkapnya.

 

Ketika disinggung tentang momen singgah di kamar Mbah Hasyim sebagai bentuk restu Ponpes Tebuireng kepada Prabowo untuk maju Pilpres 2024, pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPP Partai Gerindra ini enggan menjawabnya. “Ya itu sampean artikan sendiri lah,” katanya.

 

Setelah bertemu keluarga PP Tebuireng, Prabowo bergerak menuju Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. Di pesantren ini Prabowo bertemu dengan KH Hasib Wahab yang merupakan putra salah satu Pendiri NU, KH Wahab Hasbullah.

 

Prabowo mengunjungi Ponpes Amanatul Ummah di Desa Kembangbelor, Pacet, Mojokerto. Ia menyatakan tidak meminta dukungan dari pesantren yang diasuh KH Asep Saifuddin Chalim itu. Namun, dia mengakui di dalam hatinya dia harapkan dukungan.

 

Diki erianto & iing chaiang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *