Polres Batang Siapkan 5 Pos dan 320 Personel untuk Mengamankan Arus Mudik Lebaran

TNI POLRI369 Dilihat

BATANG – Banuaminang.co.id -Polres Batang bersama unsur Forkopimda memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik yang akan melintas di jalur Pantura, tol, maupun jalur selatan sebagai alternatif, menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri. Sejumlah langkah antisipasi kemacetan telah dilakukan oleh Polres bersama Dinas Perhubungan, sehingga jalur-jalur tersebut aman untuk dilintasi saat arus mudik tiba.

Polres Batang menyiapkan enam pos saat arus mudik, yakni satu pos pelayanan (Posyan) dan lima pos pengamanan (Pospam). Polres Batang juga akan menyiapkan sub-pos pengamanan (Sub Pospam) yang akan ditempatkan di Pasar Batang, Pasar Gorong, dan objek wisata, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan ketika mendekati puncak arus mudik.

Kapolres Batang, AKBP Saufi Salamun, menegaskan bahwa para pemudik tetap diimbau untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, sebaiknya memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraan dan kondisi kesehatan tubuh sebelum melakukan perjalanan.

“Kalau capek silakan beristirahat di rest area yang ditentukan. Sedangkan yang mengendarai kendaraan umum, kami bersama Dishub segera akan melakukan pengecekan terhadap kelayakan kendaraan,” kata Kapolres Batang pada awak media di depan lobi Mapolres Batang, Senin (3/4/2023).

Untuk memastikan kenyamanan pemudik, sejumlah personel akan disiagakan di Pos Roban. Sebagai antisipasi, kendaraan truk berukuran besar akan dievaluasi supaya tidak sampai parkir di bahu jalan karena dapat mengganggu kenyamanan pemudik.

“Secara keseluruhan, Polres Batang menyiagakan 320 personel dan akan ditambah personel dari TNI, Satpol-PP, Dishub, dan lainnya,” jelasnya.

Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menjelaskan bahwa Pemkab melibatkan semua pihak, termasuk BUMD dan swasta, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik saat melintas di jalur Pantura.

“Dishub juga telah menyiapkan rambu-rambu untuk mengantisipasi kepadatan, khususnya di jalur alternatif yang minim penerangan jalan. Diupayakan juga agar lampu penerangan jalan umum (PJU) tidak ada yang mati, khususnya di jalur Pantura,” ujarnya.

Pihak Polres memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 18-19 April. Pemudik diperkirakan akan memasuki wilayah Kabupaten Batang di atas pukul 12 siang (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *