Peringati Hari Lingkungan Hidup, PJI Indramayu Bersama Perumdam Tirta Darma Ayu Gelar Bhakti Lingkungan

Jawa barat87 Dilihat

Indramayu, Banuaminang.co.id ~~ Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Kabupaten Indramayu berkerjasama dengan Perumdam Tirta Darma Ayu menggelar sosialisasi menjaga kebersihan sungai di Kelurahan Bojongsari, Senin (20/06/2022).

 

Sosialisasi yang mengangkat tema “Sungai Bersih, Air Sehat” ini dihadiri oleh Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Adi Setiawan, Kajari Indramayu diwakili Kasi Intel Gunawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aep Surahman, Kapolsek Indramayu AKP Suhendi, Camat Indramayu, Indra Mulyana, Lurah Bojongsari, Riska, serta masyarakat sekitar.

 

Ketua DPC PJI Kabupaten Indramayu, Eka Mardiana menyampaikan bahwa sebelum melakukan sosialisasi, pihaknya telah terlebih dahulu melakukan bhakti lingkungan dengan membersihkan sampah yang ada di sekitar intake waduk bojongsari.

 

“Kemudian, kami juga membangun sebuah bak sampah yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk membuang sampah,” katanya.

 

Ia berharap, dengan dibangunnya bak sampah tersebut tidak ada lagi masyarakat sekitar yang membuang sampah ke sungai sehingga sungai tetap bersih.

 

Sementara itu, Adi Setiawan mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh DPC PJI Indramayu dan kedepan akan rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

 

 

“Kegiatan ini sangat penting karena dapat memutus mata rantai pengelolaan sampah di Sungai. Karena bagaimanapun jika sumber airnya sudah bersih maka tidak sulit dan tak perlu biaya yang banyak untuk mengolahnya sehingga menekan biaya produksi, jadi keuntungannya bisa untuk pembangunan di Indramayu,” tuturnya.

 

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu, Aep Surahman berjanji akan memberi dukungan dengan rutin melakukan pengangkutan sampah.

 

“Perumdam & PJI sudah menyediakan sarana prasarana untuk masyarakat, maka DLH akan mendukung nelalui pengangkutan secara rutin,” ucapnya.

 

Aep menambahkan bahwa kedepan perlu dilakukan sosialisasi serta edukasi untuk merubah pola pikir masyarakat agar bisa memanfaatkan sampah sehingga dapat menjadi ekonomi sirkular.

 

 

Selain itu, Indra Mulyana menanggapi keluhan masyarakat sekitar yang menyebut bahwa di sekitar area intek bojongsari ada penyumbatan saluran air sehingga menyebabkan banjir di pemukiman masyarakat, Camat Indramayu ini membocorkan bahwa Bupati Indramayu Nina Agustina sudah merencanakan peninggian jembatan.

 

“Bupati Indramayu akan segera meninggikan jembatan, ini sudah masuk anggaran tahun 2022-2023. Oleh sebab itu masyarakat harus bersabar dan terus mendukung Pemerintah Daerah Indramayu,” ungkapnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *