Peringatan 70 Tahun Hubungan Indonesia-Jerman Momentum Perkuat Kemitraan

Jawa barat75 Dilihat

Bogor, Banuaminang.co.id ~~ Indonesia dan Jerman memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik pada tahun 2022 ini. Presiden Joko Widodo pun berharap peringatan hubungan yang telah terjalin sejak tahun 1952 tersebut dapat menjadi momentum untuk memperkuat hubungan dan kemitraan kedua negara.

 

“Tahun ini kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia dan Jerman untuk memperkuat hubungan,” ujar Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, pada Kamis, 16 Juni 2022.

Foto: Presiden RI dengan Presiden Jerman

 

Presiden Jokowi turut menyambut baik berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Salah satunya adalah pameran seni kontemporer yang menghadirkan seniman asal Indonesia.

 

“Saya mencatat berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun, termasuk pameran seni kontemporer Documenta Fifteen di Jerman yang menggandeng kelompok seniman Indonesia Ruangrupa yang akan dibuka oleh Bapak Presiden Steinmeier,” imbuhnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat datang kepada Presiden Steinmeier dan delegasi yang telah tiba di Indonesia. Presiden Steinmeier dan rombongan tiba di Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (15/06) sekitar pukul 19.25 WIB.

 

“Tentunya ini merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan ini dan di pertemuan empat mata tadi kita sudah membahas banyak hal, baik mengenai hubungan Indonesia-Jerman maupun situasi dunia saat ini. Dalam pertemuan ini akan kita lanjutkan untuk membahas kerja sama ekonomi bilateral,” ucap Presiden Jokowi.

 

Presiden Frank-Walter Steinmeier melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia selama tiga hari, dari tanggal 15 hingga 17 Juni. Selain bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Presiden Steinmeier juga diagendakan antara lain untuk berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

 

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Steinmeier yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, serta Plt. Direktur Jenderal Amerika dan Eropa I Gede Ngurah Swajaya.

 

(Eric@/red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *