Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki Bantu Selamatkan ABK dan Barang KM. Tanimbar Bahari yang Tenggelam Karena Cuaca Buruk.

Nasional, TNI POLRI141 Dilihat

Sorong Papua BaratBANUAMINANG.CO.ID -Bertempat di Perairan Pelabuhan Saumlaki, Kec. Tanimbar Selatan, Kab. Kepulauan Tanimbar, Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki/ Lantamal IX yang merupakan salah satu jajaran Koarmada III, turut serta bersama masyarakat menyelamatkan Abk dan barang KM. Tanimbar Bahari yang tengelam.(05/01/22)

KM. Tanimbar Bahari merupakan kapal kargo dengan 15 Abk yang mengangkut material/barang, sembako campuran dan satu unit kendaraan roda empat yang berlayar dari Pelabuhan Kalimas Surabaya menuju Pelabuhan Reo dan Pelabuhan Saumlaki Kepulauan Tanimbar.

Kapal tenggelam setelah berusaha sandar di Pelabuhan Saumlaki namun karena angin dan ombak yang tidak memungkinkan, Nahkoda kapal memutuskan untuk kembali berlabuh. Saat kapal olahgerak kembali berlabuh kapal mengalami kemiringan sebelah kiri sehingga keseimbangan kapal tidak terkontrol lagi. Akhirnya Nahkoda memutuskan agar seluruh Abk berkumpul dan bersiap untuk peran peninggalan kapal, pada akhirnyan kapal tenggelam tidak bisa terselamatkan.

Dengan kejadian tersebut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa, S.E., M.TR.Opsla segera memerintahkan Prajuritnya melakukan pertolongan dengan mendatangi lokasi tengelamnya kapal tersebut, sehingga Abk dapat terselamatkan semuanya dengan bantuan kapal nelayan yang kemudian diamankan ke Dermaga Umum Saumlaki, sedangkan barang dan material yang hanyut berhasil diangkat dan diamankan Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki dan diamankan di Gedung Serbaguna Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki untuk diserahkan kembali kepada pemilik barang.

Pada hari Kamis tanggal 06 Januari 2022 barang dan material yang dapat diselamatkan oleh Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki dari tenggelamnya KM. Tanimbar Bahari diserahkan kepada pemilik KM. Tanimbar Bahari di Gedung Serbaguna Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki Kecamatan Tanimbar Bahari Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Akibat dari tenggelamnya KM. Tanimbar Bahari kerugian material selain kapal tenggelam adalah material (Muatan Sekitar 750 ton diantaranya material dan sembako campuran dan satu unit kendaraan roda empat) sedangkan kerugian jiwa/personel tidak ada.

(Dispen Koarmada III)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.