Lantamal IV Helat Lomba Tari Zapin serta kolaborasikan Budaya Melayu dan Jawa – BANUAMINANG.CO.ID

 

Tanjungpinang, BANUAMINANG.CO.ID – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Helat Lomba Tari Zapin serta kolaborasikan budaya antara lagu Jawa dengan tarian Melayu pada acara Zapin Penyengat Festival di Balai Adat Indera Perkasa Pulau Penyengat, Jumat (4/2/2022).

Acara Zapin Penyengat digelar secara rutin tahunan di Pulau Penyengat, merupakan budaya tari asli Melayu yang saat ini dilombakan bersamaan dengan tari Zapin Gending Jalesveva Jayamahe atau tari zapin yang dibalut musik gending Jawa berjudulkan Gending Jalesveva Jayamahe yang dipopulerkan oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Lomba tari zapin saat ini bukan hanya memperebutkan piala bergilir Gubernur Kepri, namun juga memperebutkan piala Danlantmal IV. Selain lomba tari zapin juga diadakan lomba fotografi on the spot.

Kolaborasi tarian Zapin Gending Jalesveva Jayamahe ini diharapkan menambah peminat masyarakat untuk memelihara budaya zapin tidak hanya pada budaya Melayu saja melainkan juga budaya Jawa dan lainnya, sekaligus memasyarakatkan lagu Gending Jalesveva Jayamahe di Kepulauan Riau (Kapri).

Dengan adanya Festival Zapin Penyengat ini, diharapkan menjadi salah satu penyemangat bagi masyarakat untuk tetap melestarikan budaya tari zapin di Kepulauan Riau hingga tingkat Nasional, bahkan Internasional. (AD)*

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.