Lado Sangaik Maha, Tau Pulo Inyo Bahasonyo Rayo Korban Sabanta Lai

Agam, Sumatera barat1480 Dilihat

Palupuh, Banuaminang.co.id Lebaran Haji sebentar lagi akan datang. Dimana hari raya ini sangat identik dengan penyembelihan ternak yang kadang kala disebut Hari Raya kur’ban.

 

Dimana umat Islam merayakan hari raya ini, bagi yang mampu melaksanakan haji ataupun ber kur’ban. Dimana daging dari ternak ini akan dibagi-bagikan kewarga-warga dengan ditandainya satu buah kupon, yang sering disebut kupon kur’ban.

 

Hari ini Selasa (27/06) Banuaminang.co.id mengunjungi Pasar Palupuh. Dimana pasar ini adalah pasar nagari yang telah ada dari zaman dulunya. Terlihat rutinitas penjual dan pembeli sangat sibuk dan ramai. Dikarenakan sebentar lagi hari raya kur’ban.

 

Berdasarkan wawancara dan pemantauan Banuaminang.co.id dilapangan terhadap penjual dan pembeli, terlihat harga cabe merah keriting sangat melonjak draktis, yaitunya boleh dibilang hampir mendekati seratus parsen.

 

Mawan, salah seorang pedagang sayur mayur mengatakan bahwa sebelumnya (Selasa,20/06/red) harga cabe merah keriting cuma berkisar Rp.22 ribu -25 ribu per kilogram. Sedangkan hari ini, berkisar Rp. 40-45 Ribu perkilogram, ungkapnya.

 

Hal ini pun dibenarkan oleh penjual yang juga menjual kebutuhan yang sama. “Bawang merah tidak lah begitu naik harganya dari Rp.30 ribu Minggu kemarin hari ini Rp. 32-35 ribu perkilo. Sedangkan harga kentang masih sama dengan Minggu kemarin,” ungkap Tante penjual disebelah Mawan.

 

Penjual kelapa, menyatakan bahwa harga sajarek (dua buah kelapa, yang diikat/red) harganya masih sama dengan Minggu kemarin yaitu dari Rp. 10-15 ribu, terangnya.

 

Beberapa pembeli mengeluhkan harga cabe yang naik terlalu tinggi ini, kita wajib membeli cabe, karena akan membuat rendang (maksudnya sebentar lagi hari raya kur’ban/red).

 

“Dagiang kur’ban alah jaleh Ado nantinyo. Dek kupon alah Tantu kadapek. Tapi lado ko nan sangaik maha Bana, tau pulo inyo bahasonyo Rayo Korban sabanta lai,” ungkap seorang ibu dengan logat asli minangnya.

 

Kalau kita lihat di kalender, memang dinyatakan pada hari Khamis tanggal 29 Juni 2023 dinyatakan merah, dengan keterangan Hari Raya Idul Adha 1444 H.

 

(iing chaiang)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *