KRI Teluk Weda-526 Akan Dikukuhkan di Halmahera Tengah – BANUAMINANG.CO.ID

WEDA, BANUAMINANG.CO.ID ~~ Panglima Koarmada( Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H.,CHMRP.,M.TR.(Opsla) melaksanakan kunjungan kerja ke Weda Ibukota Kabupaten Halmahera Tengah, untuk melaksanakan pengecekan lokasi yang akan digunakan pada acara pengukuhan KRI Teluk Weda-526 dimana KRI Teluk Weda-526 merupakan satu dari dua Kapal Perang Republik Indonesia terbaru yang telah memperkuat jajaran Koarmada III beberapa waktu lalu.

 

Dalam kunjungan tersebut Pangkoarmada III didampingi Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Imam Musani, Asintel Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Bimo Sutopo, Asops Pangkoarmada III Asops Kolonel Laut (P) Endra Hartono, S.H. dan Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada III Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar. (03/01/22).

 

Setiba di Bandara Cekel PT IWIP Desa Lelilef Kecamatan Weda Tengah Kabupaten Halmahera Tengah dengan menggunakan pesawat udara CN 235 TNI Angkatan Laut, Pangkoarmada III bersama rombongan, dipandu Komandan Lanal Ternate Kolonel Laut (P) Ashari S. Abidin, SE, M.Tr. Hanla untuk meninjau dan melihat langsung Pelabuhan Weda dimana KRI Teluk Weda 526 akan dikukuhkan di tempat asal namanya.

KRI Teluk Weda-526 diambil dari nama sebuah teluk yang terletak di Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara yang terkenal akan keindahan taman bawah laut yang menakjubkan dengan kehidupan ikan yang melimpah dimana salah satunya adalah spesies Hiu kaki langka (Hemisayllium Halmahera).

 

Lebih lanjut Pangkoarmada III melaksanakan kunjungan ke Kantor Bupati Halmahera Tengah dan disambut langsung Bupati Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara, MH dan Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, SH. MH, Forkompimda dan pemimpin OPD di lingkup Pemda Halmahera Tengah.

 

Pada kesempatan tersebut Pangkoarmada III memberikan sambutan dan menyampaikan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang rencana upacara pengukuhan nama KRI Teluk Weda-526 di daerah asal namanya yaitu Kota Weda sebagai Ibukota Halmahera Tengah.

 

Lebih lanjut disampaikan Pangkoarmada III, bahwa selain KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527, akan bergabung ke jajaran Koarmada III yaitu Kapal Rumah Sakit KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, yang mana kapal tersebut dapat melaksanakan fungsinya dalam pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) terkait tugas kemanusiaan untuk pelayanan Kesehatan serta mempunyai peranan strategis dan dapat menjadi pilihan utama dalam pelayan Kesehatan dan bhakti sosial di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil terutama di wilayah Indonesia Timur.

 

Diakhir kunjungan tersebut Komandan Lanal Ternate melaksanakan paparan terkait rencana kedatangan dan acara pengukuhan KRI Teluk Weda-526, sementara itu, Bupati Halmahera Tengah menyampaikan kesiapannya dalam pelaksanaan upacara pengukuhan KRI Teluk Weda-526.

 

Sumber : Dispen Koarmada III 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.