Kampung Lontong di Petemon Salah Satu Rekomendasi Wisata Kuliner Surabaya

JAWA TIMUR333 Dilihat

 

Surabaya, Banuaminang.co.id ~~ Kunjung Wahyudi ketua Komisi Nasional Pendidikan Jawa Timur sekaligus Pembina UMKM Bersatu, hari ini Kamis jam 16.20 menghadiri undangan dari Ibu Dewi Widowati Soegandi, S.Pd (Sekjen DPP BMPI Jatim) di rumah Ibu Yuli (pelaku UMKM) Jalan Petemon Barat No. 19H Surabaya.

 

Dalam kesempatan tersebut ibu Yuli menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak Kunjung Wahyudi selaku Pembina UMKM Bersatu. Bu Yuli juga berharap dibantu untuk mempromosikan Kampung Lontong di Petemon Surabaya sebagai tempat wisata kuliner unggulan di Surabaya. Sebagian besar warga Petemon Barat sehari-hari sebagai penjual Lontong sangat perlu uluran tangan dari Pemkot Surabaya dikarenakan terdampak oleh Pandemi Covid 19 sehingga yang semula sebagai pusat produksi Tempe berubah menjadi pusat produksi Lontong.

 

Bapak Kunjung Wahyudi memberikan masukan bahwa makanan lontong yang sudah ada dari sisi bentuk, ukuran dan rasa semua orang sudah paham sehingga perlu kreativitas dan inovasi baru yaitu untuk bentuk tidak hanya dalam bentuk bundar, tetapi bisa dibuat bentuk lain yg menarik misalnya berbentuk segi empat, lonjong, bunga (daun), kemudian dari sisi rasa dibuat berbagai rasa ada lontong dengan rasa pedas, gurih, manis dll. Kemudian dari berbagai bentuk dan rasa ditampilkan dengan bungkus yang menarik, lalu dipromosikan lewat media sosial, Facebook, Grup WA, Instagram dll, serta buat video-video proses pembuatannya dan penyajiannya.

 

Ibu Dewi Widowati Soegandi memberikan masukan agar Lontong dibuat dari Bahan Jagung, Umbi rambat dan Ubi Singkong, dimana hal itu bisa dicoba sebagai cara inovasi pembuatan Lontong. Karena ini sekelas UMKM maka perlu dicoba dengan skala kecil dulu. Bagi pelaku UMKM di Kampung Lontong ini perlu diberikan Pembinaan dan pelatihan agar produk yg dihasilkan bisa menjadi unggulan Kota Surabaya.

 

Bu Yuli selaku tuan rumah dan pelaku UMKM berharap sangat agar ada Perhatian dari Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka membantu membuatkan sarana kuliner Kampung Lontong sebagai Produk Unggulan Kota Surabaya, dengan begitu perekonomian di kota Surabaya akan bangkit dan bergerak kembali pasca pandemi Covid.

 

Ibu Wahyu Indarti selaku Ketua DPD BMPI Jatim memberikan semangat kepada ibu Yuli agar terus berkarya dalam memproduksi Lontong secara kreatif dan inovatif.

 

Mari kita bangkit dan bergerak bersama untuk Kampung Lontong Petemon Surabaya sebagai salah satu produk unggulan kota Surabaya.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kunjung Wahyudi (Pembina UMKM Bersatu), ibu Dewi Widowati Soegandi (Sekjen DPP BMPI Jatim), ibu Wahyu Indarti (Ketua DPD BMPI Jatim), ibu Uripah (Bendahara DPC BMPI Kota Surabaya), Ibu Ika dan Bapak Tomo (Anggota) serta ibu Yuli sebagai tuan rumah dan Pelaku UMKM. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *