Himpaudi Kecamatan Mengwi Adakan Lomba Ogoh-Ogoh, Tanamkan Jiwa Seni Budaya Sejak Usia Dini

Himpaudi Kecamatan Mengwi Adakan Lomba Ogoh-Ogoh, Tanamkan Jiwa Seni Budaya Sejak Usia Dini

Bali465 Dilihat

MANGUPURA, Banuaminang.co.id ~~ Untuk tetap melestarikan warisan budaya tak punah, Himpaudi Kecamatan Mengwi mengadakan lomba Ogoh-ogoh khusus usia dini dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945/2023 Masehi untuk memupuk kearifan lokal sejak duduk dibangku pendidikan anak usia dini (PAUD).

 

Acara tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Lingga Bhuana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, pada hari Sabtu (11/03/2023) pukul 08.30 Wita waktu setempat.

 

Tampak hadir dalam lomba ogoh-ogoh tersebut antara lain Bupati Badung diwakili oleh Pejabat Fungsional Pamong Budaya (Dinas Kebudayaan Badung) I Made Adi Adnyana, S.Sn., M.Si., Kepala Disdikpora Badung I Wayan Wirawan, Kepala Kemenag Badung I Made Kartiada, Kepala Korwil Mengwi I Made Atmaja, Lurah Lukluk I Gede Wisnu Bhayangkara, Juri I Made Jaya Subandi dan I Made Arnata dan undangan lainnya.

 

Dalam laporan Ketua HIMPAUDI Kecamatan Mengwi dan juga sekaligus sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan lomba ogoh-ogoh ini merupakan salah satu bentuk membudayakan budaya kearifan lokal khusus untuk mempertahankan budaya dan memperkenalkannya kepada anak-anak usia dini agar tertanam dalam pola pikir di memori tentunya sejak sedini mungkin.

 

“Lomba Ogoh-Ogoh ini mencerminkan budaya lokal, dan juga cerminan dari budaya nusantara dan juga budaya nasional. Kita tanamkan kepada anak-anak usia dini, guna tak punah dari satu generasi ke generasi berikutnya,” ucap Ida Ayu Putu Utami Dewi, S.Pd., M.Pd.H.

 

Adapun perlombaan kejuaraan ogoh-ogoh ini diikuti oleh 12 peserta dari 14 HIMPAUDI se-Kecamatan Mengwi, jadi ada dua HIMPAUDI yang bergabung ke peserta lain yaitu PAUD Pangkaja Alit dan PAUD Eka Satya Mekar Kesuma.

Ke 12 HIMPAUDI tersebut adalah sebagai berikut :

1. PAUD Graha Kumara.

2. PAUD Kuncup Mandiri.

3. PAUD Giri Kumara Sobagan.

4. PAUD Adi Kumara.

5. PAUD Taman Mekar Sari.

6. PAUD Nining.

7. PAUD Wara Kerta Nugraha.

8. TK Tumbak Bayuh, PAUD Pangkaja Alit dan PAUD Eka Satya Mekar Kesuma.

9. PAUD Kumara Darma Kerti.

10. PAUD Kids

11. PAUD Widya Kencana.

12. PAUD Pra Kumara Darma Kerti.

 

Sambutan Bapak Bupati Badung disampaikan oleh Pejabat Fungsional Pamong Budaya dari Dinas Kebudayaan Badung yang mewakilinya I Made Adi Adnyana, S.Sn., M.Si., menyampaikan bahwa saya menghaturkan Seshanti Angayu Bagia, memanjatkan Puji Syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas Asung Kerta Wara Nugraha-NYA kita dapat hadir bersama ditempat ini dalam suasana penuh kebersamaan serangkaian lomba ogoh-ogoh yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945, ditahun 2023 Masehi.

 

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Badung sangat menyambut baik dan mengapresiasi lomba ogoh-ogoh ini. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 ini merupakan wujud apresiasi masyarakat dan generasi muda khususnya terhadap seni budaya yang diimplementasikan dalam wujud berbagai aktifitas, salah satu adalah pembuatan ogoh-ogoh,” ucap I Nyoman Giri Prasta.

 

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta sampaikan bahwa penyelenggaraan ogoh-ogoh ini selaras dengan misi ke-4 pemerintah Kabupaten Badung yaitu “Memantapkan Kreatifitas seni dan budaya masyarakat yang berorientasi pada pelestarian kearifan lokal,” tukasnya.

 

Lebih dalam Bapak Bupati menambahkan bahwa pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen dan menaruh perhatian yang besar terhadap upaya pengembangan dan pelestarian seni budaya, termasuk nilai-nilai kearifan lokal dan warisan luhur yang berkembang di masyarakat. Berkenaan dengan hal tersebut, saya sangat berharap generasi muda di Kabupaten Badung dapat turut bersama mensukseskan program-program pemerintah Kabupaten Badung, terutama pelestarian dan pengembangan adat, agama, budaya sehingga kedepannya dapat berkembang dan lestari.

 

Upaya pengembangan dan pelestarian budaya sangat penting dilaksanakan karena Pariwisata yang dikembangkan di pulau dewata dan Kabupaten Badung khususnya adalah Pariwisata Budaya.

 

“Saya sangat menyambut baik upaya Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya lokal,” imbuh Giri Prasta.

 

Kegiatan ini saya pandang sebagai bentuk upaya pembangunan dan pembentukan karakter sumber daya manusia (SDM) kedepannya agar dapat menjadi insan yang dapat menghargai, menjaga serta melestarikan warisan budaya bangsa dan nilai-nilai luhur kepribadian bangsa serta kearifan lokal untuk dijadikan sebagai pedoman dalam berbagai bidang kehidupan,” pungkas Bupati Badung dalam teks tertulisnya, dibacakan oleh yang mewakilinya I Made Adi Adnyana, S.Sn., M.Si., dan pada kesempatan ini Bapak Bupati Badung Sumbangkan dana pembinaan senilai Rp20 juta rupiah kepada HIMPAUDI Kecamatan Mengwi.

 

Adapun pemenang juara I, II, III, dan Juara harapan I, II, III adalah sebagai berikut :

1. Juara I ; PAUD Graha Kumara dari Kapal dengan tampilan ogoh-ogohnya (Paksi Raja).

2. Juara II ; PAUD Wara Kerta Nugraha dari Baha dengan tampilan ogoh-ogohnya (Wong Samar).

3. Juara III ; PAUD Kumara Dharma Kerti dari Lukluk dengan tampilan ogoh-ogohnya (Baris Kraras).

4. Juara I Harapan ; Kelompok Belajar Kumara Dharma Kerti dari Lukluk dengan tampilan ogoh-ogohnya (Bhuta Kala).

5. Juara II Harapan ; PAUD Nining

6. Juara III Harapan ; PAUD Giri Kumara dari Sobangan dengan tampilan ogoh-ogohnya (Celuluk Raksasa).

Untuk juara I mendapatkan Piala, Piagam dan uang pembinaan 700 ribu rupiah, juara II 600 ribu rupiah, juara III 500 ribu rupiah.

 

(Jes Putra/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *