Enam Mahasiswa Ikuti Program Kampus Mengajar di SDN 12 Padang Panjang Barat  – BANUAMINANG.CO.ID

PADANG PANJANG, BANUAMINANG.CO.ID ~~ Enam mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Barat, mengikuti program “Kampus Mengajar” di SDN 12 Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Kota Padang Panjang. Program ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

 

Seperti yang Banuaminang.co.id langsir dari diskominfo Padang Panjang. Kampus Mengajar merupakan kegiatan mengajar di sekolah dan bagian dari program “Kampus Merdeka”. Dalam program ini, para mahasiswa akan berkontribusi sebagai agen perubahan untuk tantangan pendidikan Indonesia.

 

Delvy Suryana Gusri, mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang ikut program ini, kepada Kominfo, Selasa (14/12) menjelaskan, MBKM ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa dalam memberikan sumbangsih ilmunya, khususnya untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (SD dan SMP).

 

Melalui program ini, katanya, mahasiswa dan dosen terjun langsung ke masyarakat untuk berinteraksi dan mengenali masalah yang timbul.

 

“Dalam program ini kami membantu guru untuk mengajar atau administrasi lainnya. Kami membantu dalam proses pembelajaran terbaru seperti pembelajaran menggunakan eksperimen sederhana untuk kelas tinggi agar mereka bisa belajar melalui alam,” sambungnya.

 

Ditambahkannya, melalui program ini mereka melaksanakan empat program unggulan yang sesuai dengan program Kampus Mengajar. Yaitu transfer ilmu berupa literasi dan numerasi, adaptasi teknologi untuk guru maupun siswa dalam pembelajaran online masa sekarang, hingga program perubahan perilaku di masa pandemi berupa Duta Peduli Covid-19 yang telah dibentuk sesuai arahan dosen pembimbing lapangan.

 

“Di sekolah ini juga ada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Rani Sofya S.Pd, M.Pd. Dosen Dari UNP yang membimbing dan memberikan arahan selama kegiatan ini,” tambahnya.

 

Program yang dimulai dari 2 Agustus hingga 17 Desember mendatang ini, menjadikan dua sekolah di Padang Panjang sebagai penempatan program Kampus Mengajar ini. Salah satunya SDN 12 Padang Panjang Barat dengan jumlah enam mahasiswa, empat di antaranya mahasiswa dari FKIP UMSB, satu dari jurusan Biologi UNP dan satu dari jurusan PGSD Universitas Bung Hatta (UBH).

 

Tim BM Group

Editor : Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.