Cut Syazalisma,Buka Kegiatan Manasik Haji Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2022

ACEH115 Dilihat

Aceh Selatan, Banuaminang.co.id ~~ Bupati Aceh Selatan, diwakili oleh Sekda Cut Syazalisma, S.STP, membuka acara manasik haji di Kabupaten Aceh Selatan, bertempat di pendopo Bupati Aceh Selatan, Selasa (07/06).

 

Acara pembukaan manasik haji ini turut dihadiri Kapolres Aceh Selatan, Ka. Dinas Syariat Islam, Kabag Setdakab, Ka. Dinas Perhubungan, Ka. Kankemenag Aceh Selatan, Dandim Aceh Selatan, Forkopimda Kabupaten Aceh Selatan, Ka. Kantor KUA se Aceh Selatan, Ka. Bank Aceh Syariah Cabang Tapaktuan, Ka. Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Tapaktuan.

 

Dalam sambutan beliau yang di bacakan Sekda Cut Syazalisma, S.STP menyampaikan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, yang menyebutkan bahwa ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam yang mampu, baik secara fisik, mental, spiritual, sosial, maupun finansial.

 

Selanjutnya, secara khusus di Provinsi Aceh pelaksanaan ibadah haji ditegaskan pula melalui Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Ibadah Haji dan Umrah. Oleh karena itu, pelaksanaan manasik haji itu bukan hanya sekedar pengetahuan untuk beribadah haji semata, melainkan melalui manasik haji ini pula para calon jamaah haji dapat saling mengenal dan mengakrabkan diri satu dengan yang lain. “Ungkap Sekda”.

 

Ditambahkan beliau, peserta bimbingan manasik haji atau para Jamaah Calon Haji untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental, serta mengikuti manasik haji secara seksama, serta memantapkan niat untuk menunaikan ibadah haji. Mudah-mudahan pelaksanaan manasik haji berjalan lancar dan sukses.

 

Beliau juga mengatakan bahwa pada tahun ini, Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Aceh Selatan berjumlah 54 orang dan tergabung dalam kloter 5. Yang Insya Allah akan memasuki Embarkasi pada hari Sabtu Tanggal 18 Juni 2022, dan berangkat pada tanggal 19 Juni 2022.

 

Sementara itu, laporan Ketua Panitia Kasi PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah) H.M.Suryadi Anwar, S.Ag mengatakan perihal jumlah Jamaah Haji yang mengikuti pembinaan manasik haji sebanyak 54 orang diantaranya 18 orang laki-laki dan 36 orang perempuan, pembinaan haji dilaksanakan di tingkat kabupaten sebanyak 2 kali dan di tingkat kecamatan sebanyak 4 kali pertemuan.

 

Pada kesempatan yang sama, Ka. Kankemenag Aceh Selatan Rislizar Nas, S.Ag mengatakan pada tahun ini jamaah calon haji Indonesia yang diberangkatkan sebanyak 100.051 jamaah, Provinsi Aceh mendapat kuota sebanyak 1988 jamaah yang berangkat dan khusus Kabupaten Aceh Selatan mendapat 55 orang dan meninggal dunia 1 orang, dan kuota meninggal dunia tidak dapat diganti, jadi Aceh Selatan secara resmi mendapat kuota sebanyak 54 orang jamaah tersebar dari kecamatan Trumon sampai Labuhanhaji.

 

(Asmar Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *